Hujan deras Minggu (27/9/2020), tiga rumah di Desa Cimulang terendam luapan air Sungai Rancasari

Banjir dan Angin Kencang Landa Rancabungur, Sejumlah Rumah Rusak

BOGOR-KITA.com, RANCABUNGUR – Hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Rancabungur pada Minggu (27/9/2020) sore, menyebabkan beberapa rumah warga terendam banjir dan mengalami rusak akibat angin kencang.

Sukria, anggota Karang Taruna Siaga Kecamatan Rancabungur mengatakan, ¬†banjir terjadi di Kp. Ciheuleut RT 02 RW 02 Desa Cimulang. Sebanyak 3 (tiga) rumah warga, terendam air yang meluap dari Sungai Rancasari. “Kejadian sekitar pukul 18.15 WIB. Air meluap karena intensitas hujan sedang serta kondisi jembatan yang tersumbat hingga air meluap,” ujar Sukria, Minggu (27/9/2020).

Keterangan tersebut diperkuat oleh laporan Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Bogor, terkait akibat hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Rancabungur.

Budi Pranowo, Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor menerangkan, hujan deras mengakibatkan banjir yang menggenangi beberapa rumah warga di Kp. Ciheuleut RT 2 RW 2 Desa Cimulang dengan ketinggian air 30 cm. Sedangkan angin kencang, menyebabkan beberapa rumah warga mengalami rusak ringan, tepatnya Kp. Pasir Gaok RT 01, 02 dan 04 RW 02 Desa Pasir Gaok, Kecamatan Rancabungur.

Baca juga  Pemilihan Ketua Askab PSSI Kabupaten Bogor Harus Bebas Politik Praktis

Dari keterangan petugas Pusdalops PB, lanjut Budi Pranowo, beberapa rumah warga yang rusak akibat angin kencang di Desa Pasir Gaok di antaranya, 1 unit rumah milik Mami, mengalami rusak bagian kamar mandi amblas. Sementara 3 rumah warga lainnya yaitu Icah, Adih, Apat mengalami rusak pada bagian atap. Sedangkan akibat banjir di Kp. Ciheuleut RT 02 RW 02 Desa Cimulang, 3 unit rumah yang terendam adalah milik Yoyon, Fredi dan Akong. “Sudah di-assessment oleh petugas BPBD bersama Karang Taruna dan aparatur pemerintah setempat. Alhamdulillah tidak ada korban luka dan korban jiwa,” tutup Budi Pranowo. [] Fahry



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *