Nasional

Arif Satria Menjadi Top Three Lecturers pada Program University Network for Tropical Agricultural (UNTA), Taiwan

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria
Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Rektor IPB University, Prof Arif Satria dinobatkan sebagai Top Three Lecturer pada Master’s Lecture Series on Sustainability yang diselenggarakan oleh University Network for Tropical Agricultural (UNTA) dan National Pingtung University of Science and Technology (NPUST), Taiwan.  Penghargaan ini dikeluarkan oleh UNTA dan NPUST pada 14 Juli 2021 lalu.

“Alhamdulillah mendapat kiriman sertifikat penghargaan Top Three Lecturer pada Seri Kuliah Progran Master dengan Topik Sustainability di bawah Program UNTA yang bekerjasama dengan NPUST di Taiwan,” jelas Arif Satria awal pekan ini.

Pemberian penghargaan ini erat kaitannya dengan pengembangan dan penerapan Sustainability Science. Sustainability Science adalah disiplin akademis yang berkembang menggunakan pendekatan transdisipliner untuk mengatasi kompleksitas dan ketidakpastian serta problem masyarakat global. Bidang ilmu yang muncul ini berkaitan dengan sistem alam dan sosial yang kompleks yang mempengaruhi keberlanjutan itu sendiri.

Baca juga  Rapat dengan Mendagri, Ade Yasin Siap Gelar Pilkades dengan Protokol Kesehatan

Prof Arif Satria mengatakan, “IPB University sebagai perguruan tinggi berbasis pertanian secara luas, selama bertahun-tahun telah mengembangkan kurikulum terkait pentingnya integrasi ilmu-ilmu keberlanjutan (sustainability sciences) dalam pembangunan. Kurikulum tersebut tentunya telah mempertimbangkan kebutuhan generasi sekarang dan mendatang.”

Dikatakannya, berbagai mata kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa multi gelar dari IPB University telah menganjurkan pendekatan transdisipliner salah satunya dengan membentuk berbagai konsorsium penelitian yang melibatkan ragam pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional. “Di sisi lain, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) telah menjadi platform global dan dampaknya dipantau di tingkat nasional hingga perguruan tinggi, ” jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa Indonesia sendiri memiliki komitmen kuat terhadap SDGs dan telah menetapkan roadmap dan target SDGs menuju 2030. “Sehingga IPB University, sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, sangat mementingkan pemanfaatan platform global ini. Salah satu langkah penting yang dilakukan IPB University untuk mengarusutamakan Sustainability Sciences dalam spektrum akademiknya ialah dengan mendirikan Center for Transdisciplinary and Sustainability Science (CTSS), ” imbuhnya.

Baca juga  On the Track, Jadwal Pembangunan Alun-alun Kota Bogor Senilai Rp14 Miliar

Dikatakannya, sejak didirikan, CTSS IPB University telah memposisikan diri sebagai hub atau platform komunikasi antara akademisi dan pemangku kepentingan lainnya. Seperti pembuat kebijakan, sektor bisnis/industri, masyarakat sipil, dan komunitas lokal.

“Karya akademik IPB University berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan dengan tidak hanya menghasilkan publikasi di jurnal bereputasi, namun juga upaya penerapan yang sudah diadopsi oleh pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Dalam rangkaian kuliah UNTA ini, ilmu-ilmu keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam (misalnya, sektor berbasis darat dan laut) dibahas secara eksplisit dengan pendekatan kasus di Indonesia, ” jelasnya dalam rilis IPB University, Rabu (21/7/2021). [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top