Direktur Eksekutif Apdesi Iwan Sulaeman

Apdesi Pusat Apresiasi Kepala Desa Cileungsi dan Bendungan

BOGOR-KITA.com – Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Iwan Sulaiman Soelasno mengapresiasi kinerja Kepala Desa Bendungan dan Cileungsi Kecamatan Ciawi yang bersemangat membangun desanya.

“Saya membaca beritanya di BOGOR-KITA.com, saya terkesan dan ingin mengunjungi desa itu untuk melihat secara langsung kemajuan yang dicapai,” kata Iwan yang mengirim komentarnya melalui whatsapp (WA), Rabu (12/9/2018).

Iwan mengatakan, Desa Bendungan yang berhasil mengubah saluran air yang penuh sampah menjadi saluran dengan air jernih dan di atasnya dibangun keramba ikan yang mengutungkan warga, adalah suatu upaya yang sangat patut dipresiasi.

“Inovasi seperti itu sudah langka terjadi. Banyak desa terjebak dengan uluran tangan pemerintah,” kata Iwan.

Iwan juga memuji kepala desa dan masyarakat Desa Cileungsi yang berhasil menyatukan persepsi tentang pentingnya menjaga saluran air tetap bersih.

Demikian juga Desa Cileungsi yang ingin mengembangkan curug berundak menjadi objek wisata, menurut Iwan, sungguh merupakan  ichtiar yang sangat mulia karena memanfaatkan potensi yang ada di desa itu sendiri sehingga nantinya bisa menjadi sumber pendapatan untuk mensejahterakan warganya.

“Saya berharap BOGOR-KITA.com berkenaan terus bekerja sama dengan pihak kecamatan dan kepala desa di seluruh Kabupaten Bogor untuk meliput dan memublikasikan kinerja yang dicapai desa-desa di seluruh Kabupaten Bogor, sebagai masukan bagi APDESI untuk selanjutnya dilaporkan ke kementerian terkait atau Presiden jokowi,” kata iwan.

Iwan juga berharap Ade Yasin sebagai Bupati Kabupaten Bogor terpilih bisa terus memotivasi kepala desa di seluruh Kabupaten Bogor untuk berlomba-lomba membangun  desa masing-masing.

Iwan mengatakan, pihaknya mengapresiasi Desa Bendungan dan Desa Cileungsi di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor atas dasar empat hal.

Pertama, karena pengembangan desa wisata selama ini sangat memperhatikan. Di Desa Cileungsi dan Bendungan Kecamatan Ciawi hal itu digarap dengan serius.

Kedua, pembangunan desa wisata di kedua desa itu berbasiskan pada potensi dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki.

Ketiga, Desa Cileungsi bisa menjadi pembelajaran dalam pengembangan desa wisata yang berkelanjutan bagi desa lain di Kabupaten  Bogor.

Keempat, konsep curug berundak yang dipadukan dengan edu wisata pertanian merupakan gagasan yang cemerlang. [] BK-1



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *