Anggota DPR RI Fraksi PKB dari daerah pemilihan Subang, Majalengka dan Sumedang, KH Maman Imanulhaq, meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Subang, Rabu (26/2/2020).

Anggota DPR Serahkan 400 Juta kepada Korban Banjir Pamanukan

BOGOR-KITA.com, SUBANG – Anggota DPR RI Fraksi PKB dari daerah pemilihan Subang, Majalengka dan Sumedang, KH Maman Imanulhaq, meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Rabu (26/2/2020).

Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB ini menyempatkan mengunjungi para korban yang mengungsi di Mesjid Al-Muhlisin, SMK Darul Ma’arif dan lokasi lainnya serta meninjau dapur umum di kompleks Kecamatan Pamanukan.

Kunjungan Kyai Maman Imanulhaq ke lokasi banjir Pamanukan didampingi pejabat BNPB dan Kementerian Sosial RI, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Kepala Dinas Sosial H Deden Hendriana, Camat Pamanukan Hj Ela Nurlaela, TNI/Polri dan dinas terkait lainnya.

“Kita kunjungi lokasi banjir hari ini, kita lihat kondisi para pengungsi, mereka konstituen saya, karena kebetulan Subang ini termasuk Dapil (daerah pemilihan) kita,” ujar Kyai Maman kepada awak media, Rabu (26/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kyai Maman menyerahkan bantuan dari pemerintah pusat berupa bantuan dana siap pakai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp250 juta, satu unit mobil rescue dan paket logistik dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI senilai Rp151 juta, total mencapai Rp400 juta.

“Bantuan dari Kemensos ini berupa logistik yang sangat dibutuhkan para korban, seperti makanan siap saji, mie instan, makanan anak-anak, tenda gulung, kasur, velbed, peralatan dapur keluarga, paket sandang, selimut, family kit, dan lainnya. Total senilai Rp151 juta,” papar anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Dia menyebut, ke depan, Mesjid Al Muhlisin Pamanukan yang kini menjadi salah satu lokasi pengungsian, akan diproyeksikan menjadi mesjid percontohan tanggap bencana, bersama mesjid-mesjid lainnya.

Kemudian, dia menegaskan, untuk memaksimalkan koordinasi dan kerja penanganan bencana serta korban bencana, Komisi VIII DPR RI membentuk Panja untuk menyempurnakan regulasi atau UU tentang penanganan bencana.

“Kita di Komisi VIII sudah membentuk Panja (Panitia Kerja) tentang RUU Penanganan Bencana untuk dibuat agar lebih sempurna, agar penanganan bencana kedepan lebih baik, lebih maksimal, lebih terkoordinasi, dimana agar bantuan-bantuan logistik juga lebih terdistribusi kepada para korban,” tegas Kyai Maman.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas kunjungan Anggota DPR RI KH Maman Imanulhaq beserta jajaran BNPB dan Kemensos RI.

Menurut Agus, Subang merupakan kabupaten yang termasuk paling rawan bencana di Jawa Barat.

“Bahkan, Subang ini urutan nomor 2 rawan bencana di Jawa Barat, sehingga perlu perhatian maksimal. Karena itu, kami ucapkan terimakasih atas bantuan-bantuan yang diberikan, ini sangat bermanfaat bagi para korban,” timpal Wabup Agus. [] Ahya



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *