Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Acep Jamhuri menyatakan Karawang ditetapkan dalam kondisi tanggap darurat bencana mulai Rabu (26/2/2020).

Karawang Berlakukan Darurat Bencana, 47 Ribu Korban Banjir

BOGOR-KITA.com, KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang menetapkan status tanggap darurat setelah banjir meluas hingga 26  kecamatan dari 30 kecamatan yang ada di Karawang.

“Kondisi banjir di Karawang akibat meluapnya sejumlah sungai  yang berdampak 26 kecanatan terendam banjir, ” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Acep Jamhuri kepada media di posko darurat bencana Karangligar, Rabu (26/2/2020) .

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak berkompeten, tegas Acep Jamhuri, Pemerintah Kabupaten Karawang menaikan status kebencanaan  menjadi tanggap darurat dari sebelumnya status siaga darurat untuk 14 hari ke depan.

“Pemkab tingkatkan status  dari siaga darurat bencana banjir menjadi status tanggap darurat banjir mulai hari ini hingga 14  hari ke depan,” terang dia.

Dengan peningkatan status kebemcanaan ,Ia mengintruksikan  seluruh perangkat daerah turun langsung kelapangan membantu masyarakat yang terdampak banjir,

Sejumlah langkah juga telah dilakukan mulai dari evakuasi hingga penyaluran bantuan kepada warga yang membutuhkan.

“Langkah pemerintah telah dilakukan upaya evakuasi dan menyiapkan pengungsian hingga penyaluran bantuan logistik,” tandasnya.

Banjir yang paling parah,  kata Acep, yaitu wilayah Desa Karangligar, Telukjambe Barat, dan Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Timur, akibat adanya pertemuan arus dua sungai besar yaitu sungai Cibeet dan Citarum, sehingga ketinggian banjir terus meningkat.

“Paling parah di Karangligar, akibat adanya pertemuan dua singai besar,” tuturnya.

Acep Jamhuri  mengatakan banjir merendam hampir seluruh wilayah di Kabupaten Karawang,  sejak beberapa hari terakhir .Intensitas hujan yang begitu tinggi sejak beberapa hari terakhir membuat  sungai meluap hingga banyak  wilayah tergenang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang mencatat hingga hari ini , dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang, 26 kecamatan sudah terdampak banjir, yang terdiri dari 47 ribu jiwa korban banjir, 15 754 Kepala Keluarga, 14 ribu rumah. Walaupun sejumlah daerah sudah mulai surut namun insensitas hujan masih tinggi yang akan kembali terdampak banjir. [] Nandang



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *