Kab. Bogor

Ade Yasin: Saya akan Perjuangkan Menambah Anggaran Program Samisade 2022

Bupati Bogor Ade Yasin saat melantik 88 kepala desa terpilih hasil pilkades serentak tahun 2020, masa bakti 2021 – 2027, di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (5/2/2021).

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Tahun 2021, total anggaran terverifikasi untuk program samisade (satu miliar untuk satu desa) berjumlah Rp311,83 miliar. Insya Allah, saya akan memperjuangkan di DPRD Kabupaten Bogor untuk menambah alokasi anggaran untuk program samisade tahun 2022.

Hal ini dikemukakan Bupati Bogor Ade Yasin saat melantik 88 kepala desa terpilih hasil pilkades serentak tahun 2020, masa bakti 2021 – 2027, di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (5/2/2021).

Ade Yasin mengatakan, program samisade tahun 2021 diarahkan untuk kegiatan pemulihan ekonomi melalui program pembangunan infrastruktur dengan padat karya memberdayakan masyarakat desa yang terdampak seperti PHK, penganggur, setengah penganggur, perempuan kepala keluarga, anggota keluarga miskin, serta anggota masyarakat marginal lainnya.

Baca juga  Pengendara Moge Yang Langgar Ganjil Genap Kota Bogor Didenda Rp250 Ribu

“Program samisade ini diharapkan akan menjadi akselerator pemulihan sosial dan perekonomian desa di saat pandemi,” kata Ade Yasin

Ade Yasin menegaskan, program samisade merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mendorong desa membangun. Desa merupakan pengungkit kebangkitan Kabupaten Bogor karena sebagian besar kekayaan Kabupaten Bogor sesungguhnya berada di 416 desa yang tersebar di 40 kecamatan Kabupaten Bogor.

“Kami menyadari program samisade dengan angka satu miliar itu sangat kecil, sekalipun ditambah dana desa pemerintah pusat juga tetap masih terlalu kecil. karena itu, selain samisade, pemerintah kabupaten bogor mulai tahun 2021  mengarahkan program kegiatan pembangunan ke desa, antara lain berupa program beasiswa, pemasangan wifi gratis, bantuan bibit pertanian, perikanan, lumbung dan lain sebagainya,” kata Ade Yasin yang juga Ketua DPW PPP Jawa Barat.

Baca juga  Bima: Kota Bogor Belum Aman, Tertular 40-an Per Hari

Selain itu, imbuhnya, sebagai upaya percepatan pembangunan di desa, pemerintah Kabupaten Bogor juga  memiliki program explorasi potensi wisata desa melalui festival wisata desa, explorasi potensi desa melalui festival video desa, sekolah pemerintahan desa bekerjasama dengan IPB University, optimalisasi bumdes untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Ade Yasin mengingatkan, ke depan Kabupaten Bogor akan semakin berkembang, sebagai kawasan strategis nasional Jabodetabekpunjur sebagaimana diatur dalam perpres nomor 60 tahun 2020 tentang Jabodetabekpunjur. Akan semakin banyak proyek yang dibangun di Kabupaten Bogor.

“Saya tidak ingin masyarakat Kabupaten Bogor nantinya hanya menjadi penonton.  Untuk itu harus ada upaya-upaya keras membangun desa menjadi desa pintar, agar masyarakat desa ikut aktif menjadi pelaku dalam arus pembangunan. Insya Allah, saya akan memperjuangkan di DPRD Kabupaten Bogor untuk menambah alokasi anggaran untuk program samisade,” janjinya. [] Hari

Baca juga  Ade Yasin Target Vaksinasi Capai 1,2 Juta Orang Hingga Agustus 2021

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top