Ade Sarip Hidayat menghadiri kegiatan buka bersama yang digelar PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bogor di jalan Pajajaran Bogor, Kamis (23/5/2019).

Ade Sarip Isi Tausiyah dalam Buka Puasa Bersama PT Taspen

BOGOR-KITA.com – Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menghadiri kegiatan buka bersama yang digelar PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bogor di jalan  Pajajaran Bogor, Kamis (23/5/2019). Pada kesempatan tersebut Kepala PT Taspen Cabang Bogor Armon Yahya meminta Ade Sarip untuk mengisi tausiyah ramadhan kepada para karyawannya.

Dalam tausiahnya Ade Sarip menyampaikan bahwa ada enam perkara hak seorang muslim atas muslim lainnya, yakni ketika bertemu orang lain harus menyampaikan salam, ketika diundang wajib datang, ketika meminta nasehat harus dilakukan, ketika ada yang sakit wajib menjenguknya dan kewajiban mengantarkan jenazah. “Mungkin ini juga perlu jadi referensi dalam kehidupan,” ungkap Ade Sarip.

Sedangkan cerita tentang shaum, kata Ade, bereferensi dari perintah Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183. “Kalau memahami surat ini ada empat hal substansi pokok yang perlu dipahami dengan jelas,” katanya.

“Surat ini adalah seruan. Ada yang menyeru dan ada yang diseru. Perintah dari Allah yang menyerunya dan yang diserunya adalah orang beriman. Substansi kedua adalah visi seruannya. Ketiga, keterangan bahwa shaum ini diperintahkan kepada orang-orang yang beriman sebelum kaum Nabi Muhammad SAW. Kemudian keempat tujuan shaum, yaitu supaya bertaqwa,” tambahnya.

Ade berharap bisa menjadi bagian dari orang-orang yang beriman. Iman itu harus tertambat dalam qolbu atau dalam hati. Berkumandang terhadap ucapan dan menjadi amal perbuatan. “Ternyata iman itu mengandung tiga aspek kehidupan, yaitu hati, ucapan dan perbuatan,” tuturnya. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *