Kab. Bogor

416 Desa di Kabupaten Bogor Dapat Bankeuprov Masing-masing Rp130 Juta 

Wagub Jabar Uu Ruhzanul Ulum saat menyerahkan bankeuprov Jabar untuk 416 desa di Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.

BOGOR-KITA.com, TENJO – Dalam peresmian tugu batas desa perbatasan provinsi Jawa Barat dan Banten yang berada di Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Wagub Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum juga menyerahkan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat untuk 416 desa.

Uu menyerahkan Bankeuprov Jabar sebesar Rp130 juta per desa sekaligus menyerahkan maket tugu batas Desa Perbatasan Provinsi kepada Camat Tenjo Indra Kurnia dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirto Yuliono menuturkan, Pemda Provinsi Jabar mempunyai luas wilayah mencapai 3,7 juta hektare dengan jumlah penduduk hampir mendekati 50 juta jiwa.

Sebanyak 36,2 juta jiwa, lanjutnya, berada di 5.312 desa atau sekitar 71,77 persen ada di desa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 101 desa di antaranya berada di daerah perbatasan baik berbatasan dengan Provinsi Banten dan Jawa Tengah.

“Oleh karena itu pemerintah daerah provinsi Jawa Barat memberikan perhatian yang cukup besar terhadap desa-desa perbatasan. Salah satu di antaranya adalah dengan membangun tugu perbatasan baik di perbatasan Jabar-Banten maupun Jabar-Jateng,” kata Bambang, dalam keterangan resminya, Kamis (30/4/2021).

Bambang sapaanya menambahkan, bantuan keuangan khusus desa dari Pemprov Jabar pada tahun 2021 ini berbeda dengan bankeuprov tahun 2020 yang lalu. Di antaranya peruntukannya digunakan untuk adanya tambahan penghasilan bagi badan permusyawaratan desa dan pembuatan media publik luar ruang. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top