Kota Bogor

Zona Merah, Kawasan Sempur Sepi Pedagang Menjerit

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pasca-ditetapkan sebagai daerah dengan risiko tinggi (zona merah) pada peta risiko penularan virus corona atau covid-19, Kota Bogor mulai memberlakukan pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas. Pembatasan ini dimulai Sabtu (29/8/2020) dan akan berlangsung dua pekan mendatang.

Pemerintah Kota Bogor pun menutup taman-taman kota. Salah satunya Taman Ekspresi di kawasan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Taman Sempur yang setiap akhir pekan menjadi titik kumpul warga yang berolahraga, pada Minggu (30/8/2020) nampak sepi. Tak banyak warga yang beraktivitas seperti akhir pekan biasanya. Pengunjung hanya sekitar 10 persen. Hal ini pun berbuntut pada penghasilan para pedagang yang mengais rejeki di kawasan itu. Penghasilan mereka anjlok.

Salah seorang pedagang, Jubaidah mengatakan, pada hari ini pembeli hanya tersisa sekitar 10-15 persen.

Sementara Suminah penjual tempe mendoan dan pisang goring menyatakan, pendapatannya berkurang drastis. “Meski masih ada sedikit-sedikit. Kalau nggak dagang, nggak bisa makan. Sekarang pas-pasan  aja,” kata Suminah.

Suminah mengaku tetap bersyukur karena masih diizinkan berdagang oleh Pemkot Bogor meski hanya sampai jam 18.00 WIB. “Masih beruntung boleh jualan meski dibatasi nggak boleh sampai malam,” ujarnya.

Kota Bogor menjadi salah satu wilayah yang berubah dari zona oranye (risiko sedang) menjadi zona merah (risiko tinggi) dalam peta risiko penularan virus corona covid-19.

Baca juga  Peta Risiko Jabar: 4 Zona Merah, 10 Zona Oranye, 13 Zona Kuning

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Kamis (27/8/2020).

Sementara di Kota Bogor, per Sabtu (29/8/2020) terdapat pertambahan kasus konfirmasi positif covid-19 sebanyak 21 sehingga totalnya menjadi 574. Ini merupakan pertambahan kasus positif tertinggi sejak pertama kali diumumkan pada Maret 2020. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 − 44 =

Terpopuler

To Top