Kota Bogor

Yane Ardian: Kota Bogor Harus Punya Kampung Batik

Yane Ardian di tengah pembatik

BOGOR-KITA.com – Batik merupakan indetitas sebuah daerah. Jadi, ke depannya di Kota Bogor harus punya kampung batik, sebagai kampung yang khusus pengrajin batik khas Bogor. Hal ini dikemukakan Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian di Bogor, Minggu (21/6/2015).

Yane mengemukakan, kampung batik di Kota Bogor akan terealisasi karena banyak potensinya. Dikatakan, saat ini, sudah ada tiga lokasi binaan kampung batik di Kota Bogor. Yakni, Kampung Cilendek Timur, Kampung Cibuluh, dan Kampung Bogor Baru. Namun ketiga kampung tersebut belum bisa disebut kampung batik. “Kalau masyarakatnya sudah mayoritas membatik, baru bisa disebut sebagai kampung batik,” katanya.

Yane menegaskan, pihaknya akan berusaha mewujudkan kampung batik. Kampung batik ini nantinya diharapkan menjadi icon baru Kota Bogor seperti Kebun Raya, Istana Bogor. Icon itu akan menambah icon Kota Bogor yang sudah terbentuk seperti talas, kujang, kijang, air hujan. “Kita akan bekerjasama dengan para pengrajin untuk melakukan pembinaan di kampung kampung batik yang sudah menjadi bidikan," jelasnya.

Baca juga  Kota Bogor Terima 400 Paket Ikan dari KKP-BKIPM Jakarta

Praktisi batik asal Kota Bogor, Siswaya Samhudi menyambut baik rencana Pemkot Bogor yang akan mewujudkan kampung batik di Kota Bogor.

"Kami sudah mnenyebarkan alat alat kepada warga yang akan mengembangkan batik, dan sudah ada kampung yang siap menjadi kampung batik, yaitu Batik Pancawati asal Kampung Cibuluh RW 04, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Saat ini kondisinya sudah baik dan siap dijadikan kampung batik di Kota Bogor. Kami berharap perwujudannya segera terealisasi di tahun 2015 ini juga," harapnya. [] Yuda

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top