Usmar: Perlu Percepat Pembangunan 3 Teminal Batas Kota

Usmar Hariman

BOGOR-KITA.com – Untuk mengurangi angkutan yang masuk ke Kota Bogor dari Kabupaten Bogor, diperlukan percepatan perwujudan pembangunan terminal batas kota. Hal ini dikemukakan Wwakil Walikota Bogor, Usmar Hariman di ruang kerjanya, Senin (22/7/2015).  

Menurut Usmar ada 3 terminal batas kota yang perlu dipercepat pembangunannya, yaitu, terminal di kawasan Pasat TU dan Salabenda, terminal yang bersinergi dengan pembangunan Stasiun Kereta Api di Sukaresmi, dan terminal Ciluer.  “Ketiga terminal tersebut setidaknya mampu menahan arus angkutan kota dari kabupaten masuk ke dalam Kota Bogor.

Dalam kaitan ini, Usmar mengemukakan, untuk terminal wilayah sekitar Salabenda dan Ciluer perlu pembebasan lahan terlebih dahulu. Sedangkan untuk terminal di Sukaresmi, sedang dibangun akses menuju stasiun.  Dalam hal ini, menurut Usmar, perlu didorong agar PT KAI cepat membangun stasiun.

Pada tiga terminal batas kota itu, dalam pandangan Usmar, juga perlu dilengkapi sarana parkir dengan konsep park and ride, agar keseluruhan kendaraan berhenti hanya sampai di masing-masing terminal. “Seluruh penumpang diangkut oleh moda angkutan yang disiapkan oleh  pemerintah  kota,” tegas Usmar.

Usmar memperkirakan, sendainya pembebasan lahan dapat dilaksanakan tahun 2016, ditambah pekerjaan DED untuk perencanaannya, maka tahun 2017, fisik terminal dapat dibangun, dan 2018 selesai. “Itu harapan kita,” kata Usmar seraya menambahkan jumlah angkot Kabupaten Bogor yang masuk Kota Bogor mencapai 4000 unit setiap hari, sebua angka yang lebih besar ketimbang jumla angkot Kota Bogor yang hanya 3412 unit ditambah 30 bus.  [] Boy



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *