Kota Bogor

Warga Pamoyanan Sulap Saluran Irigasi Penuh Sampah Jadi Kolam Ikan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Perkumpulan Budidaya Ikan Alam Bebas di Kampung Nagrog, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan memanfaatkan saluran irigasi yang semula penuh sampah menjadi kolam ikan. Mereka menebar sebanyak 20 ribu benih ikan nila di saluran irigasi tersebut.

Ketua Perkumpulan Budidaya Ikan Alam Bebas, Jaya menjelaskan, awal terwujudnya budidaya ikan tawar, bermula dari kepeduliannya terhadap lingkungan.

“Awalnya sering terjadi luapan air di aliran ini, terpikirkan untuk membersihkan salurannya mulai dari hulu dimana titik penumpukan sampah berada, dan kemudian saya sepakat untuk mendirikan perkumpulan warga untuk menjadikan saluran itu bermanfaat yaitu dengan dijadikannya tempat ikan alam bebas,” jelasnya Kamis (11/6/2020).

Jaya menambahkan, membangun kolam ikan ini bersumber dari biaya swadaya masyarakat yang tergabung di Kelompok Budidaya Ikan Alam Bebas.

“Jumlah anggota kami ada 24 orang dan setiap minggu kita rutin mengumpulkan uang kas sebesar Rp10 ribu. Setelah dikumpulkan maka uang tersebut mencapai sekitar Rp24 juta, dan kita bangun kolam ikan ini bersama-sama,” pungkasnya.

Baca juga  Bima Arya Bahas Isu Lingkungan di Hadapan Ribuan Mahasiswa Unpak

Sementara itu, untuk membantu budidaya ikan, Camat Bogor Selatan Hidayatulloh memberikan pakan ikan kepada warga melalui Lurah Pamoyanan Ali Firdaus Abdul Kodir.

Ali mengatakan, bahwa dirinya bangga memiliki warga yang begitu peduli terhadap lingkungannya, dimana warga mau memelihara lingkungan yang tadinya kumuh menjadi enak dipandang. Sehingga, inovasi yang ada di RW 09 Kelurahan Pamoyanan ini sangat ia dukung.

“Kegiatan pengelolaan budidaya ikan di alam bebas ini awalnya untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama dari sampah dan alhamdulillah salah satunya ada pengurangan dari beban sampah, 80 persen saluran irigasi sudah mulai bersih,” katanya.

Untuk menciptakan inovasi tersebut, lanjut Ali, membutuhkan proses, sehingga perlu dipikirkan konsep secara matang dan dibahas kembali dengan warga.

“Akhirnya warga berhasil mewujudkannya  kita sebar benih  ikan-ikan tersebut sebanyak 2 kwintal di hari Minggu kemarin,” ujarnya.

Pihaknya pun akan terus melakukan pembinaan kepada warga sebagai pengelola kolam ikan tersebut dan untuk pembinaannya sudah dikomunikasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor.

Baca juga  DPRD Kota Padang Kaji Dana Hibah Bansos ke Pemkot Bogor

“Terkait pembinaan sudah saya komunikasikan dengan DKPP, nanti akan ada penyuluh-penyuluh yang akan datang ke sini, Insya Allah seminggu sekali. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian warga,” jelasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =

Terpopuler

To Top