Kota Bogor

Warga Cipaku Dikagetkan Munculnya Buaya di Sungai Cisadane

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Warga sekitar Cipaku digegerkan munculnya seekor buaya di Sungai Cisadane, Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, tepatnya di bawah jembatan Pamoyanan.

Penampakan buaya tersebut awalnya diketahui oleh warga setempat yang sedang mancing ikan di sungai, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (22/6/2022).

“Saya kan lagi mancing nih sama kawan, dia (buaya) turun dari pojokan sana, disangka biawak, terus maju nyebrang sampai sini, nongol, ternyata buaya,” ucap Ade Kurniawan, warga setempat, Kamis (23/6/2022).

Ade mengungkapkan sosok buaya besar itu berwarna kekuningan, namun ia mendapati pada bagian moncong mulutnya dalam keadaan terlakban.

“Ada kali ukurannya satu meter lebih, bagian mulutnya dilakban. Sempat kita kejar-kejar juga, tapi masuk ke air, entar naik, masuk lagi,” katanya.

Baca juga  Pemkot Bogor Bakal Gandeng Seniman Grafiti Perindah Kota

Ia bersama warga lainnya melihat kembali buaya itu muncul cukup lama berada di atas bebatuan sekira pukul 16.00 WIB. Bahkan sempat direkam warga dari atas jembatan.

Penampakan buaya tersebut memunculkan berbagai perspektif dari warga setempat. Sebab kemunculan buaya itu baru terjadi pertama kalinya.

“Baru kali ini selama mancing ketemu buaya. Makanya kan awalnya apa ini buaya jadi-jadian. Takutnya bukan buaya,” ujarnya.

Sejumlah petugas gabungan dari Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor dan relawan diterjunkan ke lokasi untuk mencari dan menangkap buaya tersebut.

“Ada kurang lebih 30 petugas gabungan yang dilibatkan dalam pencarian buaya ini. Mudah-mudahan bisa tertangkap buayanya,” kata Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan pada Dinas Damkar Kota Bogor, Ade Nugraha.

Baca juga  Punya Bus Pariwisata, Pemkot Bogor Gelar Sayembara

Ade mengatakan, petugas mulai melakukan pencarian buaya di sungai Cisadane pukul 08.00 WIB. Upaya pencarian dilakukan petugas dengan menyisir sejumlah titik lokasi munculnya buaya hingga bantaran sungai.

Selain itu, petugas juga berupaya dengan cara menjebak buaya menggunakan jaring dan pemberian umpan ayam.

“Alternatif terakhir kita siapkan senapan bius apabila memang sulit untuk dievakuasi dengan cara menggunakan jaring atau ditangkap langsung,” ujarnya.

Hingga saat ini, buaya tersebut belum berhasil ditemukan dan proses pencarian masih terus berlangsung di lokasi. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top