Pendidikan

Usmar: Tahun Depan Sekolah Penyelenggara UN Berbasis Komputer Harus Meningkat

UN berbasis komputer

BOGOR-KITA.com – Hari pertama pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK di Kota Bogor, Senin (13/4) ditinjau langsung Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman.

Secara umum pelaksanaan UN yang kali ini sebagian diselenggarakan berbasis computer based test (CBT), berjalan lancar. “Untuk tahun ini, baru 3 SMK Kota Bogor yang melaksanakan ujian berbasis komputer, dan alhamdulillah semua berjalan lancar,” katanya Usmar dalam dialog di Radio Sipatahunan.

Ketiga sekolah yang melaksanakan UN berbasis komputer itu meliputi SMKN 3 Kota Bogor, SMK Wikrama dan SMK Infokom.  Sebetulnya, kata Usmar  ada beberapa SMA/SMK lain di Kota Bogor yang  sudah siap menyelenggarakan UN berbasis komputer. Namun  kuotanya masih dibatasi oleh pemerintah pusat dan secara nasional UN berbasis komputer baru melibatkan 588 SMA/SMK sederajat dengan 22.000 peserta.  “Tahun depan untuk Kota Bogor harus ada peningkatan,” pinta Usmar.

Baca juga  Bima : “Potong” Tradisi Perundungan di Sekolah!

Untuk itu, harap Usmar, di atas harus ada kebijakan, sedang di bawah harus ada kesiapan.

Sedangkan keamanan soal UN, baik yang dilaksanakan secara manual maupun berbasis komputer aman. Ruangan penyimpanan soal dilengkapi CCTV dan  pengamanan dilakukan 24 jam. Distribusi soal tidak dilakukan secara keseluruhan, namun disesuaikan dengan jadwal UN. Selain itu  dipastikan soal yang satu dengan yang lain berbeda. “Untuk pemeriksaan, UN berbasis komputer datanya dikirim ke pusat data, sedangkan untuk yang manual hasilnya dibawa ke IPB,” lanjut Usmar. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top