Tira Persikabo Akui Keunggulan Persipura di Sidoarjo

BOGOR-KITA.com – Skuat asuhan Rahmad Darmawan harus mengakui keunggulan Persipura Jayapura dalam laga Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (2/10/2019) sore. Laskar Padjadjaran akhirnya kalah dengan tiga gol tanpa balas.

Dalam pertandingan ini, Tira Persikabo memang tampil pincang tanpa tiga pemain utama yang dipanggil ke tim nasional senior, yakni Manahati estusen, Abduh Lestaluhu dan Wawan Febrianto. Lalu dua pemain inti Ciro Alves dan Guntur Triaji harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Situasi ini membuat keseimbangan permainan Tira Persikabo terganggu dan menjadikan para pemain Persipura agak leluasa dalam menekan.

Dua gol Persipura dicetak oleh Todd Rivaldo Ferre pada menit ke-5 dan 83, serta satu gol oleh Boaz Salossa melalui titik penalti menit ke-90+1.

Pada awal pertandingan, Persipura Jayapura tampil lebih menyerang dan lebih banyak membuat peluang di depan gawang Tira Persikabo yang dijaga Syahrul Trisna Fadillah.

Serangan cepat pada menit awal membuahkan hasil setelah pada menit ke-5 tendangan keras dari dalam kotak penalti oleh Todd Ferre menggetarkan jala Tira Persikabo.

Baca juga  Lawan Persebaya, Rifad Marasabessy : Kami Siap Tampil Habis – habisan

Gol bermula dari pergerakan Titus Bonai ke dalam kotak penalti, kemudian mengirimkan umpan silang, tapi bola mengenai pemain belakang Tira Persikabo yang sundulannya justru mengarah ke Todd Ferre.

Dengan sekali kontrol, pemain yang pernah dipanggil Timnas Indonesia U-23 itu melepaskan tendangan first time yang sebenarnya sempat diblok kiper Syahril Fadillah, namun bola masih melaju kencang ke dalam gawang.

Tertinggal, Tira Persikabo mencoba keluar dari tekanan dan berkali-kali mengancam gawang Persipura, tapi penampilan cemerlang kiper Dede Sulaiman masih menggagalkan serangan anak asuh Rahmad Darmawan itu.

Pada penghujung babak pertama, pertandingan sempat terhenti sekitar tiga menit karena ada perselisihan antara pemain kedua tim.

Pada babak kedua, pelatih Persipura Jacksen F Tiago memasukkan Boaz Salossa dan menarik keluar Gunansar Mandowen untuk menambah daya serang.

Tapi hingga 15 menit awal, bola lebih banyak berputar di lapangan tengah dan tak ada peluang berbahaya yang didapat kedua tim.

Bahkan, tim “Mutiara Hitam” harus bermain 10 pemain sejak menit ke-63 karena bek tengahnya, Andre Ribeiro mendapat kartu kuning kedua sehingga harus diusir dari lapangan.

Baca juga  Sinergitas Kunci Menjawab Permasalahan Perlindungan Anak

Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan lalu memasukkan dua pemain bertipikal menyerang, Prisca Womsiwor dan Rezky Ikhwan menggantikan Muhammad Kasim serta Roni Sugeng.

Menperkuat lini tengah, Persipura juga memasukkan gelandang asingnya, Oh Inkyun dan menarik Titus Bonai sehingga hanya menyisakan Boaz Salossa di barisan depan.

Meski pemainnya berkurang satu, namun Persipura justru menggandakan keunggulan kembali melalui Todd Ferre pada menit ke-83.

Gol bermula dari Boaz Salossa yang memenangkan adu lari di sisi kanan pertahanan Tira Persikabo, lalu memberi umpan terobosan ke Valentino Telaubun.

Melihat Todd Ferre berdiri bebas di dalam kotak penalti, Telaubun memberi umpan tarik mendatar yang kemudian melepaskan tendangan keras kaki kiri dan bola bersarang di pojok gawang Syahrul Fadillah.

Pada menit tambahan waktu, terjadi pelanggaran di kotak terlarang Tira Persikabo yang membuat wasit menunjuk titik putih.

Kesempatan memperbesar keunggulan tak disia-siakan Boaz Salossa yang sukses mencetak gol ketiga Persipura pada menit ke-90+1.

Hingga wasit Aprisman Aranda asal Sumatera Barat meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor tetap 3-0 untuk kemenangan Persipura. [] Admin 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *