Kab. Bogor

Tingkatkan Layanan PDRT, DPKPP Kabupaten Bogor Punya Inovasi SIMPOL

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor memiliki tugas dan tanggung jawab dalam hal Pengesahan Dokumen Rencana Teknis (PDRT) yang diperlukan sebagai salah satu persyaratan dalam permohonan IMBG (Izin Mendirikan Bangunan Gedung).

Untuk IMBG yang diterbitkan oleh DPMPTSP maka PDRT diajukan kepada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, sedangkan untuk IMBG yang diterbitkan oleh Kecamatan maka PDRT diajukan kepada UPT Pengawas Bangunan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor.

Kebutuhan Bidang Perumahan, dan Bidang Kawasan Permukiman merupakan salah satu upaya dalam rangka untuk lebih mengefektifkan dan mengefisienkan proses pelayanan dokumen PDRT secara online kepada masyarakat, maka berdasarkan hal tersebut Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor menciptakan inovasi Sistem Pengesahan Dokumen Rencana Teknis (PDRT) Online yang selanjutnya disingkat SIMPOL.

Baca juga  BNI Bogor Tawarkan Stimulus Ekonomi untuk UMKM

“Aplikasi ini kami rancang untuk mempermudah pelayanan administrasi Pengesahan Dokumen Rencan Teknis (PDRT) yang menjadi salah satu syarat penting pengajuan IMBG (Izin Mendirikan Bangunan Gedung)”, jelas Ir. Lita Ismu Yulitanti, Kepala DPKPP kala itu.

Lita menambahkan bahwa, alur Pelayanan PDRT cukup panjang mencakup semua proses pelayanan PDRT, mulai dari regristrasi, hasil peninjauan dan kajian lapangan, perhitungan indeks, estimasi retribusi dan perhitungan denda, serta pembuatan surat keterangan, hingga pelaporan rekapitulasi dan pencapaian target retribusi PDRT.

“Tentunya dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan pembuatan laporan rekapitulasi dan evaluasi dari pelayanan PDRT “ terangnya.

Harapannya dengan adanya aplikasi simpol akan meningkatkan kinerja layanan semakin cepat, efektif dan efisien. [] Hari/IGA

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top