Kota Bogor

Tingkatkan Keandalan Listrik, PLN Lakukan Pemeliharaan Trafo 1 GIS Katulampa

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Upaya meningkatkan keandalan pasokan listrik untuk wilayah Kota Bogor khususnya di wilayah Bogor Timur, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bogor mengoptimalkan peralatan infrastruktur kelistrikan melalui pekerjaan pemeliharaan Trafo 1 Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Katulampa.

Pekerjaan dilaksanakan selama dua hari pada 21 November – 22 November 2023, UPT Bogor menerjunkan sebanyak 15 personil gabungan yang terdiri dari tim pemeliharaan ULTG Bogor dan pengawas K3.

Sebelum memulai pekerjaan, Tim PLN melakukan safety briefing dan pemasangan safety line agar pekerjaan dilakukan sesuai dengan prosedur sehingga seluruh tahapannya dapat diselesaikan secara aman, selamat dan terhindar dari kecelakaan kerja.

Baca juga  Liga Inggris: Reaksi Foden Usai Cetak Hattrick, Man-City Ancam Liverpool

Pekerjaan diawali dengan pengalihan beban konsumen yang di suplay Trafo 1 GIS 150 kV Katulampa ke Trafo 2, yang mana pelaksanaannya telah dikoordinasikan bersama dengan PLN UP3 Bogor dan UP2D Jawa Barat, sehingga manuver pembebasan tegangan Bay Trafo 1 Gardu Induk 150 kV Katulampa tidak berdampak pada konsumen.

Mengingat GIS tidak sama dengan Gardu Induk Konvensional, karena peralatan MTU, trafo, dan incoming di GIS tersekat-sekat oleh tembok bangunan, maka pelaksanaan pemeliharaan dilaksanakan secara serial diawali dari pekerjaan trafo, pekerjaan MTU 150 Kv, dan terakhir pekerjaan incoming. Hal tersebut dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan personil yang melaksanakan pemeliharaan.

Manager PLN UPT Bogor, Made Gita Mardika mengatakan pekerjaan pemeliharaan ini merupakan agenda pemeliharaan rutin 2 tahunan yang bertujuan untuk memastikan peralatan dalam keadaan prima dan siap beroperasi tanpa kendala.

Baca juga  3 Hari Berturut-turut Covid-19 Kota Bogor Catat Rekor Tertinggi, 67 Positif

“Seluruh tahapan pekerjaan telah selesai dilakukan dengan aman, ditandai dengan pemberian beban kembali Trafo 1 Gardu Induk 150 kV Katulampa pada Rabu 22 Novmeber 2022. Tim berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu,” kata Made dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/11/2023).

Sementara, General Manager PLN UIT JBT, Tejo Wihardiyono menyampaikan, bahwa PLN akan terus berupaya dalam optimalisasi Infrastruktur kelistrikan melalui pemeliharaan dan peningkatan performa peralatan kelistrikan dan menjadi komitmen PLN untuk terus menyediakan pasokan listrik yang andal di sisi transmisi.

“Optimalisasi Infrastruktur kelistrikan melalui pemeliharaan dan peningkatan performa trafo ini menjadi komitmen kami untuk terus menyediakan pasokan listrik yang andal di sisi transmisi, khususnya kelistrikan pada wilayah Kota Bogor dan sekitarnya, ungkap Tejo. [] Ricky

Baca juga  Pipa Bocor di Pamoyanan, Pelanggan Zona 2 Terdampak
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top