outdoor class

Terapkan Sehari Belajar di Luar Kelas, Menteri PPPA Beri Kota Bogor Penghargaan

BOGOR-KITA.com – Pemerintah Kota Bogor kembali mendapatkan apresiasi tingkat nasional. Kali ini, datang dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise.

Yohana menyerahkan piagam penghargaan kategori ‘Kepala Daerah yang Mendukung Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas Melalui Surat Edaran’. Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Bogor Artiana Yanar Anggraini yang mewakili Walikota Bogor pada Festival Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2018 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Minggu (16/12/2018).

Menurut Artiana, penghargaan ini merupakan apresiasi Kementerian PPPA untuk bidang pendidikan di Kota Bogor. Kota Bogor dinilai telah berpartisipasi dalam gerakan dunia Satu Hari Belajar di Luar Kelas (Outdoor Classroom Day).

“Penghargaan ini diberikan kepada 15 Kabupaten Kota se-Indonesia dimana 5 diantaranya dari Jawa Barat dan salah satunya adalah Kota Bogor,” ungkap Artiana, Senin (17/12/2018).

Penghargaan ini, lanjut dia,  juga adalah bagian lima klaster hak anak yaitu klaster hak sipil dan kebebasan, keluarga, kesehatan dan kesejahteraan sosial, pendidikan, perlindungan khusus anak-anak berkebutuhan khusus, masalah hukum, korban kekerasan dan lainnya

“Lebih kepada klaster pendidikan dan pemanfaatan waktu luang anak. Guna memenuhi pemenuhan hak anak Kabupaten/Kota se-Indonesia secara serentak membuat surat edaran kepada seluruh sekolah. Mulai dari tingkat TK/PAUD sampai tingkat SMA. Jadi, kami mulai 1 November 2018 semua sekolah harus membuat kegiatan diluar kelas.

Berdasarkan hasil monitoringnya di Kota Bogor, semua sudah melaksanakan surat edaran ini. “Kami melakukan monitoring ke salah satu SD dan SMP dan Alhamdulillah semua melaksanakannya. Dalam hal ini DPMPPA juga bekerja lintas sektoral dengan Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Artiana menambahkan, pada saat bersamaan Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian juga memperoleh penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan sebagai penggagas lahirnya program ‘Sekolah Ibu’ di Kota Bogor. “Selain itu, ibu Yane juga menjadi salah satu narasumber saat launching Sekoper Cinta atau program Pemprov Jabar yang terinspirasi dari Program Sekolah Ibu Kota Bogor,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *