Ratusan Pramuka Bahas Medsos dan TI di Bogor City Scout Festival

Ratusan Pramuka Bahas Medsos dan TI di Bogor City Scout Festival

BOGOR-KITA.com – Andalan Cabang Urusan (Ancu) Kominfo Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor untuk pertama kalinya menggelar Bogor City Scout Festival di Lantai 1 Lippo Keboen Raya Bogor, Minggu (16/12/2018).

Sebanyak 500 anggota pramuka, mulai dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega se-Kota Bogor mengikuti berbagai lomba yang membahas seputar media sosial dan teknologi informasi (medsos dan TI).

Perhelatan yang dibuka secara langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat ini juga sekaligus ajang evaluasi pembinaan di enam Kwartir Ranting.

“Kami ingin tahu, apa saja yang sudah dilakukan sepanjang 2018 ini dan ingin melihat sejauh mana keberhasilan stimulan-stimulan yang telah Kwarcab berikan kepada Kwaran,” ujar Ketua Panitia, Maart Adi Waskita.

Maart mengatakan, dalam lomba ini semuanya bertemakan teknologi informasi mulai dari lomba video blog (vlog), menulis artikel dan menggambar. Hadiah yang diperebutkan ada Drone, Handphone, Tablet dan lainnya.

Selain lomba, ada penilaian bagi Kwaran terbaik se-kota Bogor dalam bidang media sosial. Penilaian ini tentu tidak mudah karena melibatkan semua unsur dan sudah dipantau sejak awal Januari hingga Desember 2018. “Kami berharap Pramuka dapat menjadi pelopor teknologi informasi dan media sosial yang positif,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kota. Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, kegiatan pramuka masuk mall bisa dibilang kali pertama digelar, mengingat seringnya kegiatan pramuka selalu di alam terbuka. Selain lokasi yang menarik di dalam mall, ia pun terkesan dengan berbagai lomba yang dipertandingkan sarat akan kreativitas dan inovasi. Hal ini sejalan dengan keinginan Kwarcab untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dari pramuka hingga kemudian bisa menjadi daya tarik generasi muda yang belum mengenal pramuka.

“Tapi tidak hanya sekedar kuantitas, kualitas anggota pramuka yang paham akan nilai-nilai pramuka jauh lebih penting,” tegasnya.

Ia menambahkan, sebagai Kwarcab Pramuka tergiat di Jawa Barat, dirinya ingin prestasi itu terus meningkat hingga menjadi tergiat se-Nasional. Pihaknya pun terus berupaya, terbukti pada Rabu mendatang Kwarcab Kota Bogor akan menerima kunjungan dari Pramuka Asia Pasifik bersama Kwarnas untuk belajar terkait abdi masyarakat.

“Kunjungan ini karena Kwarcab Kota Bogor terbilang aktif dalam bidang tersebut, ini bisa menambah penilaian jika suatu saat ada penilaian Kwarcab Tergiat se-Nasional,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *