Berita Foto

Tanaman Hias di Flora Folia, dari Tamansari Diekspor ke Sejumlah Negara

BOGOR-KITA.com, TAMANSARI – Albert memiliki hobi terhadap tanaman hias maupun tanaman air. Hobi itu dia miliki sejak kecil. Ratusan jenis tanaman hias seperti philodendron, anthurium dan lainnya nampak terlihat di Flora Folia Indonesia, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

“Saya senang dan hobi tamanan sejak kecil waktu kelas tiga SMP, awalnya tamanan bonsai, tanaman air untuk aquascape,” kata Albert pemilik Flora Folia Indonesia kepada Bogor-kita.com, Rabu (16/3/2022).

Tanaman yang ada di Flora Folia Indonesia ini dijual dan dipasarkan ke sejumlah pasar di Indonesia serta diekspor ke berbagai negara. Albert menggunakan akun media sosial Instagram @foliaflora (Flora Folia Indonesia) untuk menjual tanamannya.

Dikatakan Albert, ketika beberapa negara mulai melonggarkan akitivitas warganya pada masa pandemi Covid-19 ekspor tanaman hias ke sejumlah negara mengalami penurunan pesanan dari sebelumnya sebanyak 300 tanaman menjadi 100 tanaman per bulan.

Baca juga  Selama Pandemi, Masyarakat Kurangi Pengeluaran untuk Pangan

“Selain faktor pandemi, sekarang orang di negara luar rata rata sudah punya tanamannya dan peminat merawat tanaman di rumah menjadi berkurang,” tambahnya.

Namun turunnya ekspor tanaman hias ke negara luar tidak mematahkan semangat Albert untuk terus membudidayakan tanaman hias tersebut. Dirinya berhasil membuat jenis baru dari hasil kawin silang.

Albert berhasil menyilangkan philodendron jenis green congo varigata dengan radiatum serta tanaman hias anthurium papillaminum (fortsherman) sebagai induk betina dengan anthurium warocqueanum sebagai induk jantan.

“Kalau mengawin silangkan philodendron itu gagalnya banyak hampir 50 kali coba gagal, kalau itu belum tahu berhasil sebabnya apa masih mendalami apakah faktor cuaca maupun yang lainya,” lanjutnya. [] Sandi

Baca juga  2 Karyawan Peternakan Ayam Tewas Diduga Tersengat Listrik
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top