Kota Bogor

Tamu Podcast PCNU, Dirut Tirta Pakuan Jawab Keluhan Pelanggan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan menjawab keluhan pelanggan saat menjadi narasumber podcast di Media Center PCNU Kota Bogor, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (3/2/2021).

“Pertama tantangan kami itu,memastikan air milik perusahaan kami ini sampai ke rumah pelanggan Perumda Tirta Pakuan yang jumlahnya mencapai 166.000 pelanggan,” kata Rino.

Rino menjelaskan, selama ini Perumda Tirta Pakuan memiliki 2 sumber air yang dikelola kemudian dialirkan ke rumah pelanggan yang pertama, mata air dan air dari sungai. Sumber dari mata air ini, setiap tahunnya mengalami penurunan dan tentunya tidak bisa mencukupi kebutuhan pelanggan, oleh karena itu pilihan yang kedua yakni mengubah air sungai menjadi air bersih yang layak dikonsumsi.

Baca juga  Tangani Covid-19, Wakil Ketua DPRD Minta Tingkatkan Layanan Seluruh Puskesmas di Jabar

Namun, saat musim penghujan tiba, banyak pelanggan Perumda yang mengeluh, karena air bersih di rumah pelanggan tiba-tiba debit airnya turun bahkan seringnya tidak mengalir.

“Saat musim penghujan, biasanya air sungai itu kotornya sangat parah karena bercampur lumpur. Hasil produksi dari pengolahan mesin air yang kami miliki, air bersihnya lebih sedikit yang banyak itu dedekanya. Jadi itu masalahnya mengapa saat musim hujan pasokan air dari Perumda jadi sedikit,” kata dia.

Hal tersebut, lanjut dia, tidak terlepas dari kebiasaan buruk masyarakat yang masih suka membuang sampah ke sungai. Bukan hanya mencemari air sungai namun juga mengganggu produksi Perumda saat pengololaan air sungai menjadi air bersih.

Baca juga  RS Lapangan Kota Bogor Hanya Melayani Pasien Gejala Ringan, 11 Dokter Siap 24 Jam

“Pernah satu kejadian, saat musim hujan bukan hanya sampah plastik yang kami temukan, tapi kasur springbed. Jadi, pakai teknologi secanggih apapun jika kesadaran masyarakatnya kurang dan masih suka buang sampah ke sungai, ya, keluhan soal kurangnya pasokan air bersih saat musim hujan akan ada terus,” tuturnya.

Kendati demikian, Perumda tidak kehabisan akal untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, salah astunya dengan cara membuat sejumlah sumur resapan di beberapa titik.

“Tujuan pembuatan sumur resapan, agar air hujan tidak langsung mengalir ke sungai tetapi tertampung di sumur resapan itu, untuk menambah pasokan air baku kita,” terangnya.[] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top