Elan Rivalan

Sumpah Pemuda Adalah Ikrar untuk Kemajuan Bangsa

BOGOR-KITA.com – Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat persatuan untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

“Ikrar Sumpah Pemuda menegaskan cita-cita pemuda akan persatuan, cita  akan satu tanah air Indonesia”, satu bangsa Indonesia, dan satu bahasa Indonesia,” ujar Elan Rivalan, tokoh pemuda Kabupaten Sukabumi kepada kepada BOGOR-KITA.com di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (28/10/2018).

Elan berharap, peringatan hari Sumpah Pemuda merupakan yang tepat merenungkan makna persatuan yang ditegaskan pemuda tahun 1928 lalu.

Kalau dulu maknanya dalah kebersatuan merebut kemerdekaan dan menegakkan identitas Indonesia yang satu, makan saat ini maknanya antara lain adalah menegaskan kebersatuan untuk menyejahterakan Bangsa Infonesia, sekaligus kebersatuan melawan penjajahan gaya baru yang disebut denbgan nekolonialisme.

“Sebagai pemuda desa saya punya harapan kepada generasi-generasi pemuda dewasa ini untuk mengambil spirit perjuangan para pemuda yang gagah berani dan telah dicatatkan dalam sejarah. Mari kita sama-sama untuk bergerak mewujudkan cita-cita bersama, yang tak lain adalah kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan dalam arti yang sebenarnya, bukan sekadar seremoni,” pungkas Elan.



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *