Kota Bogor

Sukses Jalankan Program SKCK Goes to School, Kapolresta Bogor Kota Diganjar Penghargaan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mendapat penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI atas perannya dalam penyelenggaraan perlindungan anak di Kota Bogor.

Penghargaan itu diberikan oleh Deputi Perlindungan Anak KemenPPPA dan disaksikan oleh Pj Walikota Bogor, Hery Antasari di aula Mako Polresta Bogor Kota Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah, Selasa (9/7/2024)

Deputi Perlindungan Anak KemenPPPA Nahar mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kinerja Kapolresta Bogor Kota dan jajarannya, lewat program “SKCK Goes to School” dalam menangani anak-anak yang terlibat tawuran.

Dalam memberi penghargaan ini, KemenPPPA melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap aktivitas-aktivitas perorangan maupun lembaga, yang berperan dalam menangani perlindungan anak.

Baca juga  Dandim dan Kapolresta Bogor: Maksimalkan Keterlibatan Warga Kota dalam Kamtibmas

“Secara kelembagaan, kami mendapatkan laporan Polresta Bogor Kota melakukan kegiatan yang sesungguhnya membantu keluarga, membantu pemerintah, untuk menangani anak-anak yang perlu penanganan dan perlindungan khusus. Dalam hal ini adalah penanganan anak-anak yang terlibat tawuran,” ucap Nahar.

Nahar menjelaskan, bahwa dalam program SKCK Goes to School ini Polresta Bogor Kota melakukan mitigasi yang selangkah lebih maju dalam mencegah anak-anak berhadapan dan diproses hukum. Begitu ada tanda-tanda anak melakukan tawuran, langsung dimasukkan ke dalam SKCK Goes to School.

Kegiatan yang dilakukan dalam SKCK Goes to School antara lain, membersihkan sungai, membuat produk keterampilan, berkebun di kebun hidroponik, olahraga bersama, penanganan mental atau mental treatment, dan sebagainya.

Baca juga  Kapolresta Jenguk Sopir Angkot di RSUD Kota Bogor

“Kami berharap ini bisa diadopsi di daerah lain. Program seperti ini itu komprehensif. Dalam menangani anak yang perlu penanganan itu harus cepat, komprehensif, dan terintegrasi. Nah tiga unsur itu muncul di SKCK Goes to School,” katanya.

Dengan pendampingan dari Polresta Bogor Kota, Nahar mengungkapkan, banyak keluarga yang merasa nyaman karena anak-anaknya merasa memiliki polisi sebagai orangtua asuh.

“Jadi, upaya yang dilakukan untuk memperbaiki situasi dan kondisi yang tidak diharapkan. Anak-anak tentu dalam posisi seperti ini, tidak semua orangtua siap untuk mengasuh,” terangnya.

Sementara, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh KemenPPPA. Ia menjadikan apresiasi itu sebagai motivasi agar pihaknya semakin humanis dan dapat merangkul anak-anak di Kota Bogor.

Baca juga  H+3 Lebaran, Ribuan Pengunjung Serbu The Jungle Waterpark Bogor

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya sudah menyelenggarakan Program SKCK Goes to School sebanyak 5 angkatan dengan total 778 peserta.

“Jangan sampai dalam menyongsong generasi emas 2045 kita malah tidak peka, tidak tahu bahwa anak memiliki sejuta potensi yang memang harus kita dengan sabar, istiqomah, dan ikhlas untuk kita bina dengan melibatkan semua pihak. Baik itu keluarga, sekolah, instansi terkait, dan masyarakat,” katanya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top