Kota Bogor

Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Gandeng BPDPKS Beri Pelatihan Pembuatan Produk Berbahan Dasar Sawit

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor (STP) Bogor menggandeng BPDPKS Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengelar Workshop di Aula Kampus STP Bogor jalan Raya Yasmin, Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat pada Kamis, (28/3/2024).

Kegiatan workshop yang mengusung tema “Pabuatan Produk Berbahan Dasar Sawit untuk Meningkatkan Kemandirian Finansial Para Perempuan dalam Rangka Pengarusutamaan Gender” ini digelar untuk memaksimalkan peran perempuan dalam meningkatkan finansial dslam pembuatan produk berbahan dasar sawit.

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, Seruni Dinitri mengatakan, acara ini dirancang khusus untuk para perempuan dalam komunitas, yang bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghasilkan produk bernilai tambah dari bahan baku lokal, khususnya kelapa sawit.

Baca juga  Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unida Gelar Talkshow untuk Persiapkan Karir Pascakampus

“Workshop pertama kali ini kolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dan dihadiri oleh puluhan perempuan dari berbagai usia dan latar belakang, yang semuanya bersemangat untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru,” kata Seruni.

Menurut Seruni, para peserta diajari tentang berbagai teknik produksi, mulai dari pengolahan minyak sawit hingga pembuatan produk-produk berbahan dasar sawit seperti sabun, lotion, dan produk-produk kecantikan lainnya.

“Selain keterampilan praktis, workshop ini juga menyediakan sesi pemahaman tentang manajemen keuangan dan pemasaran produk. Ini bertujuan untuk memberdayakan para peserta dengan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola bisnis kecil mereka sendiri dan memasarkannya dengan efektif,” jelasnya.

Sementara, Direktur Keuangan, Umum, Kepatuhan dan Manajemen Risiko BPDPKS, Zaid Burhan Ibrahim menuturkan, melalui pelaksanaan workshop ini, perempuan diharapkan mampu menambah pengetahuan dan mampu memproduksi produk-produk oleofood berbahan sawit dan memasarkannya di lingkungan sekitar.

Baca juga  Pemdaprov Jabar Bantu Rp100 Miliar untuk Pariwisata Pangandaran

“Sehingga ke depannya perempuan menjadi mandiri dan merdeka dari kemiskinan, keterbelakangan, kesenjangan dan ketidakberdayaan,” ujarnya.

Selain itu, kata Zaid kegiatan ini juga sekaligus membantu mempromosikan kebaikan kebaikan yang ada di sawit sehingga pengetahuan Masyarakat terhadap kebaikan sawit semakin meningkat dan tersebar luas sesuai dengan slogan Sawit Baik (Bersih, Akuntabel, Integritas dan Kesempurnaan.

Ditempat yang sama, Chef Affan, Chef Arion dan Chef Nisa selaku dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor menambahkan, dalam acara workshop ini, pihaknya memberikan demo memasak sekaligus memberikan resep yang disebarkan kepada seluruh peserta.

“Harapannya setelah ini wanita-wanita hebat dapat secara mandiri membangun usaha dan tentunya meningkatkan ekonomi Masyarakat,” pungkasnya. [] Ricky

Baca juga  Kronologi Lengkap Satu Keluarga di Kota Bogor Positif Covid-19, Dua di Antaranya Meninggal
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top