Sekda Kota Bogor Instruksika Pimpinan OPD Mendukung Pengelolaan Keuangan Berbasis Akrual

Sekda Kota Bogor Instruksikan Pimpinan OPD Mendukung Pengelolaan Keuangan Berbasis Akrual

BOGOR-KITA.com – Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menegaskan semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bogor harus mendukung pengelolaan keuangan berbasis akrual. Penegasan ini dikemukakan Sekda Ade Sarip saat membuka Rapat Sinkronisasi Pengelolaan Keuangan Berbasis Akrual di Bogor Green Room (BGR), Balaikota Bogor, Selasa (8/3/2016).

Dalam kesempatan itu Sekda menyoroti sejumlah OPD yang hingga kini belum menyelesaikan laporan keuangan mereka.

“Ini sangat berpengaruh kepada banyak hal. Untuk lebih memaksimalkan dan mengoptimalkan dinas terkait menurunkan tim pendampingan agar segera selesai, jika satu SKPD tidak selesai maka akan menjadi berdampak bagi semua. Saat ini baru inspektorat dan BPKAD yang telah menjalankan pengelolaan keuangan berbasis akrual, selebihnya ada yang belum dan bahkan baru ada yang berproses,” sambung Ade.

Ade juga mengharapkan dukungan dari semua pimpinan OPD untuk menyelesaikan laporan keuangan di tempatnya masing-masing. “Hal ini diperlukan dalam rangka pembuatan dan penyelesaian laporan keuangan secara keseluruhan yang akan memberi dampak secara umum,” kata Ade.

Sementara itu kepala Inspektorat Kota Bogor Edang M.Kendana mengharapkan adanya sinkronisasi secara langsung dengan OPD, pimpinan, staff, dan  stake holder. Hal ini penting untuk mempercepat waktu mengakselerasi penyelesaian laporan di tingkat OPD yang  selanjutnya diserahkan ke tingkat Kota untuk dibuat laporan secara umum.

“Jadi melalui rapat ini kita menekankan pentingnya keterlibatan dan fungsi atasan dalam membantu dan mendukung bawahannya dalam membuat laporan,” terang Edang. Dalam kesempatan yang sama Endang juga meminta laporan semua OPD harus selesai pada hari Kamis (10/3/2016).

Hal serupa di tegaskan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor Hanafi. Hanafi menjelaskan bahwa laporan keuangan dari OPD selanjutnya akan di review oleh Inspektorat. Setelah itu BPKAD akan  bertugas melakukan kompilasi. “Karenanya kami mohon dukungan dari pimpinan OPD, substansi dari pekerjaan kita ujung-ujungnya adalah pertanggungjawaban,” ingat Hanafi. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *