Sekda Instrusikan Aparatur Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Sekda Instrusikan Aparatur Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

BOGOR-KITA.com – Workshop Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik dan Survey Kepuasan Masyarakat sejatinya mengingatkan semuanya, bahwa sebagai pelayan publik harus menekankan tentang pentingnya sebuah evaluasi dari seluruh layanan publik yang diberikan kepada masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat saat membuka Workshop Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik dan Survey Kepuasan Masyarakat di gedung Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor, Senin (28/8/2017).

“Tentu saja dalam proses evaluasi tersebut kita perlu mengetahui persepsi dan penilaian warga atas pelayanan publik yang kita berikan. Dari persepsi dan penilaian warga inilah, kita berangkat melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik,” kata Ade.

Ade menyebutkan, dalam beberapa tahun terakhir ini, Pemkot Bogor konsisten menyelenggarakan survey kepuasan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana warga menilai pelayanan publik yang diberikan Pemkot Bogor.

‘Dalam dua tahun terakhir hasil survei kepuasan masyarakat menunjukkan sesuatu yang baik. Tahun 2016, layanan publik yang diberikan Dinas Kesehatan, Bapenda, DPMPTSP, Disdukcapil, Disnaker, Dinas KUKM, RSUD dan UPTD RPH dinilai masyarakat sebagai pelayanan publik yang baik,” sebutnya.

Demikian pula hasil survei kepuasan publik tahun 2017 lanjutnya, kinerja Pemkot Bogor dalam mengurai enam masalah prioritas Kota Bogor dinilai dan dipersepsikan baik. “Hasil survey tersebut patut kita syukuri, namun jangan sampai membuat kita berpuas hati karena sejatinya berbagai persoalan kota masih banyak dan perlu kita urai dengan kesungguhan,” jelasnya.

Ade menekankan, pada saat yang sama harapan warga atas percepatan penyelesaian berbagai masalah tersebut terus meningkat.

“Karenanya tak ada pilihan lagi selain kita harus terpacu lebih semangat lagi untuk bekerja dan berkarya untuk warga. Berbagai keluhan warga yang disampaikan di berbagai media harus dapat kita respon dengan cepat dan diselesaikan secara akurat,” katanya.

Kecepatan dalam merespon keluhan warga kata sekda adalah bagian yang diharapkan mampu meningkatkan persepsi positif masyarakat terhadap layanan publik Pemkot Bogor. Pada kesempatan ini Ade meminta kepada seluruh perangkat daerah untuk memperhatikan dengan seksama segala aduan warga yang masuk atas layanan publik yang diberikan.

“Karena pada saat yang sam kita telah membuka banyak saluran pengaduan bagi warga mulai dari twitter, email, call center atau website untuk menyampaikan keluhan atas pelayanan publik yang kita berikan,” ujarnya.

Untuk itu ia mengingatkan bahwa pengaduan warga dalam bentuk apapun adalah suara yang perlu diperhatikan dan kemudian ditindaklanjuti sesuai kewenangan yang dimiliki.

“Dengan demikian kita sejatinya melatih kepekaan untuk senantiasa berada dan peduli di tengah warga. Tentu saja, keluhan-keluhan warga yang masuk tersebut dapat menjadi pijakan untuk melakukan evaluasi kinerja yang kita lakukan sebelum survey nanti,” pungkasnya. []Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *