Kab. Bogor

Satpol PP Uji Coba Program Tertib Pasar di Kecamatan Parung

Penertiban lapak PKL di sekitar Pasar Parung

BOGOR-KITA.com, PARUNG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor mulai menggelar uji coba program tertib pasar yang bertujuan untuk menciptakan ketertiban umum di tengah masyarakat. Kegiatan pertama program tertib pasar tersebut dilakukan di Pasar Parung dengan menerjunkan puluhan petugas dari Mako Satpol PP Cibinong, Unit Satpol PP Kecamatan Parung serta petugas dari TNI Polri.

Uji coba program tertib pasar tersebut dilaksanakan dengan melakukan  penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang berada di bahu jalan, trotoar dan tempat-tempat yang dilarang untuk berjualan. Dalam giat ini, petugas sekaligus melakukan kegiatan operasi yustisi disiplin protokol kesehatan untuk masyarakat yang beraktivitas di wilayah Pasar Parung.

“Giat ini adalah program dari pak Kepala Sat (Kasat) Pol PP yang dikoordinasikan dengan berbagai SKPD terkait lainnya. Terutama dengan pihak PD Pasar Tohaga,” ungkap Iman Wahyu Budiana, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor sesaat setelah usai operasi penertiban, Rabu (25/11/2020).

Pantauan di lapangan, kegiatan operasi tertib pasar dimulai dengan apel berskala besar yang diikuti petugas Satpol PP dan petugas gabungan dari unsur TNI dan Polri, yang berlangsung di halaman Masjid Raya Riyadhus Salihin, Kecamatan Parung. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor Agus Ridhallah.

Baca juga  Koperasi Syariah Galang Visi Nusantara Jalin Kerjasama dengan BUMDes Pamijahan

Selain melaksanakan operasi penertiban, masih kata Iman Wahyu Budiana, dalam giat operasi tersebut pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan pedagang agar tidak berjualan di tempat yang dilarang seperti bahu jalan/trotoar dan lainnya. “Operasi berjalan lancar dan kondusif. Nanti akan dilakukan evaluasi sekaligus koordinasi lebih jauh dengan PD Pasar Tohaga, dimana para PKL ini akan ditempatkan,” tandasnya.

Kepala Unit (Kanit) Satpol PP Kecamatan Parung, Endang Darmawan menerangkan, giat operasi tertib pasar di wilayah Pasar Parung, menyasar para PKL yang berjualan di area badan jalan serta bahu jalan/trotoar jalan raya Haji Mawi, jalan raya Parung dan jalan Tulang Kuning Desa Waru. “Beberapa lapak PKL yang berada di lokasi terlarang untuk berjualan, langsung kami bongkar dan ditertibkan. Karena mengganggu ketertiban umum dan melanggar aturan,” tegas Jack sapaannya.

Sementara Kepala Unit Pasar Parung PD. Pasar Tohaga, Andang Iskandar mengaku pihaknya juga telah dihubungi oleh Satpol PP terkait giat tersebut. Ia mengaku sangat mendukung adanya giat tertib pasar tersebut, khusunya di wilayah Pasar Parung. “Semoga lalu lintas sepanjang jalan raya Parung, jalan Haji Mawi dan jalan Tulang Kuning bisa kembali lancar untuk kepentingan masyarakat umum,” ucapnya [] Fahry

Baca juga  Pemkab Bogor Belum Ajukan PSBB
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top