Ridwan Kami dan Bma Arya didampingi istri menyempatkan berfoto bersama seusai acara sertijab di Gedung Sate, Bandung, Kamis (6/9/2018)

Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah se-Jabar Bangun Pusat Kebudayaan

BOGOR-KITA. Com – Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta kepala daerah di seluruh Jabar membangun pusat kebudayaan di daerah masing-masing.

Hal ini dikemukakan Ridwan Kamil dalam pidato perdananya di hadapan ribuan tamu undangan seusai serah terima jabatan di Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat, Kamis (6/9/2018).

Pidato selama kurang lebih 36 menit, Ridwan Kamil  mengarahkan kepada kebijakan yang akan dilakukan lima tahun ke depan bersama pasangannya Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum.

Selain akan membuat grup WA dengan seluruh bupati dan walikota se-Jabar, dalam pidatonya Ridwan Kamil juga bicara soal pusat kebudayaan.

Tentang hal ini Ridwan Kamil mengaku terinspirasi dari kunjungannya ke Suku Baduy Dalam.

Emil mengatakan, sekitar dua minggu lalu ia menginap di kawasan Suku Baduy Dalam, Banten. Ia terkesan dengan nilai-nilai budaya yang masih dipertahankan. Untuk itu, ia meminta kepala daerah se-Jawa barat untuk bisa membangun pusat-pusat kebudayaan di wilayahnya masing-masing sebagai identitas.

“Saat menginap di Baduy Dalam di rumah bambu, tidak ada listrik dan koneksi, mandi di sungai dan lain sebagainya. Tapi nikmat sekali nilai-nilai budaya bisa dipertahankan. Oleh karena itu kami bertekad, harus ada pusat-pusat budaya di setiap daerah. Kalau di Bandung ada Saung Angklung Udjo, bagi kepala daerah yang tidak punya pusat budaya, kami gubernur sudah menyiapkan anggaran di Bogor, di Banjar, di mana-mana, kalau turis datang atau anak ingin belajar tentang budaya itu tempatnya ada dan mewakili siapa kita,” bebernya.

Ridwan Kamil juga menyatakan akan melanjutkan beberapa program baik yang telah dilaksanakan gubernur dan wakil gubernur sebelumnya Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, termasuk yang telah dilakukan oleh Penjabat Gubernur Mochamad Iriawan. Ridwan Kamil juga akan memperbaiki aspek yang sebelumnya belum optimal.

Menanggapi pidato Ridwan Kamil tentang pusat kebudayaan, Walikota Bogor Bima Arya yang hadir dalam sertijab di Bandung itu mengatakan, jauh sebelum Ridwan Kamil dilantik, ia dan Ridwan kamil sudah membahas hal tersebut.

“Kang Emil sudah ke Bogor dan sudah melihat lokasi Gedung Bakorwil yang Insya Allah akan menjadi pusat kebudayaan, ekonomi kreatif, ada gedung serbaguna, mudah-mudahan bisa dibuat museum Kota Bogor juga. Konkret lah ini. Mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun depan,” kata Bima Arya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *