Regional

Ridwan Kamil Imbau Kelas Menengah Rajin Belanja untuk Menolong UMKM

BOGOR-KITA.com, –  BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, imbau masyarakat kelas menengah untuk rajin belanja terutama produk usaha menengah, kecil, dan mikro atau UMKM.

“Ini tidak bermaksud pemborosan, tapi ini adalah untuk menolong UMKM yang hampir mati dan agar tidak terjadi krisis ekonomi berkepanjangan,” ujar Ridwan Kamil dalam konferensi pers usai memimpin rapat mingguan Komite Kebijakan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (26/10/2020), dilansir dari jabarprov.go.id.

Kondisi ekonomi di Jawa Barat sendiri digambarkan Kang Emil, sudah mulai berputar.

Hal itu ditunjukkan oleh akses perbankan warga Jabar yang kini sangat baik.

Kang Emil merujuk pada jumlah kredit mencapai 1,55 persen atau di atas angka nasional 1,04 persen, serta Non Performing Loan atau NPL atau kredit macet yang kecil yakni berada di angka 3,17 persen atau lebih rendah dari angka nasional 3,22 persen.

“Secara umum, ekonomi membaik, kredit yang disalurkan perbankan banyak, yang gagal bayar sedikit,” kata Kang Emil.

Demikian juga kapasitas produksi dan SDM, yang bekerja sudah di 60,1 persen. “Dulu, saat normal 100 persen, setelah sempat drop, sekarang naik lagi. Mudah-mudahan hingga akhir Desember 2020, angka 60 persen itu terus naik menuju 100 persen. Kalau sudah 100 persen, artinya ekonomi kita sudah bergerak seperti sebelumnya,” katanya. [] Admin

Baca juga  Warna Zona di Jabar Ikuti Gugus Tugas Pusat
Ridwan Kamil Imbau Kelas Menengah Rajin Belanja untuk Menolong UMKM
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =

Terpopuler

To Top