Pendidikan

Rektor IPB University Ingatkan Lulusan IPB University Harus Jadi Trend Setter Kemajuan Bangsa

arif satria

BOGOR-KITA.com, BOGOR – IPB University kembali menggelar wisuda daring di pengujung tahun 2021. Kegiatan prosesi ini juga dilakukan di gedung Grha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga dengan dihadiri oleh 13 wisudawan secara simbolis, Rabu (15/12/2021).

Pada wisuda tahap II Tahun Akademik 2021/2022 ini, Rektor IPB University, Prof Arif Satria mewisuda sebanyak 801 lulusan. Terdiri dari 581 orang lulusan program Sarjana, 181 orang lulusan program Magister, dan 39 orang lulusan program Doktor.

Dalam sambutanya, Prof Arif Satria mengungkapkan, IPB University selalu  berkomitmen mencetak lulusan yang bisa beradaptasi menghadapi perubahan. Ia menerangkan, baik mahasiswa maupun lulusan disiapkan untuk menjadi agile learner, pembelajar tangguh dan lincah.

Baca juga  Mahasiswa Baru IPB University Angkatan 59 Pecahkan Rekor 3D Formasi Tingkat Dunia Dengan Kategori “The World Biggest 3D”

“IPB University berusaha menyiapkan ekosistem yang kondusif untuk menumbuhkan mental pembelajar sejati,” terang Prof Arif Satria. Salah satunya, kata Prof Arif Satria, adalah merancang kurikulum baru, yaitu K2020 untuk merespon perubahan pada awal masa pandemi. Tidak hanya itu, upaya IPB University tersebut diikuti berbagai agenda lain untuk mendukung mahasiswa dan para alumni.

“Targetnya bukan hanya bisa beradaptasi dalam perubahan tetapi menjadi trend setter,” tambah Prof Arif Satria.  Menurutnya, modal penting sebagai pembelajar untuk menghadapi era sekarang adalah peka terhadap perubahan. Ia menerangkan, wujud kepekaan ini adalah karakter yang disebut growth mindset. Oleh karena itu, lulusan IPB University harus memilki cara berfikir yang tumbuh berkembang untuk ikut mempersiapkan masa depan.

Baca juga  Bantuan Subsidi Upah, Guru Honorer dapat Rp1,8 Juta

Dalam kesempatan yang sama, Prof Arif Satria juga mengingatkan para wisudawan agar fokus untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi.  Ia menyebut, perubahan yang terjadi perlu direspon dengan pengetahuan dan kemampuan  baru (future practice). Pasalnya, kemampuan baru ini dibutuhkan untuk bisa bertahan di era yang penuh perubahan.

“Dengan future practice, kita akan menjadi leader dan trend setter perubahan. Kita juga dituntut untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Hari ini adalah hari bersinergi, tidak ada cara lain selain terus mencari titik temu untuk mengakumulasi kekuatan,”  tambah Prof Arif.

Ia mengakhiri sambutan dengan memberikan pesan pada para wisudawan. Prof Arif Berpesan, lulusan IPB University harus memiliki tiga karakter utama, yaitu integritas, inovasi, dan inspirasi. Ketiga hal ini harus melekat pada alumni untuk terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Baca juga  Ini Daftar 40 Bhabinkamtibmas Teladan Penanganan Covid-19 se-Kabupaten Bogor

Pada kesempatan ini pula, di hadapan wisudawan dan tamu undangan, Rektor IPB University juga mengajak seluruh yang hadir untuk mendoakan korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Atas nama IPB University kami mengucapkan duka yang mendalam  atas musibah erupsi di Gunung Semeru dan gempa di Nusa Tenggara Timur. Teriring doa semoga saudara kita yang terkena musibah diberikan ketabahan dan segera pulih situasi yang ada di daerah bencana,” pungkas Prof Arif Satria. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top