Balaikota Bogor

PMBS: Bukan 6, Seharusnya 7 Kecamatan Masuk Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Rencana Pemkot Bogor memperluas wilayah dengan memasukan beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor disambut baik sejumlah warga di selatan Kabuipaten Bogor. Bahkan, beberapa warga menginginkan bukan hanya enam, tetapi tujuh kecamatan di selatan Bumi Tegar Beriman masuk Kota Bogor. Tujuh kecamatan tersebut meliputi, Ciawi, Caringin, Megamendung, Cisarua, Cigombong, Cijeruk Dan Tamansari.

Mang Iding Dewan Pakar Presidium Masyarakat Bogor Selatan (PMBS) mengatakan, keinginan masuk ke Kota Bogor akan lebih baik daripada harus berjuang menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) yang selama ini terus digaungkan PMBS.

Sebab, proses untuk menjadi DOB butuh waktu yang panjang dan sangat menguras energi. Maka, bergabung dengan Kotamadya jauh lebih baik.  “Saya kira bergabung dengan Kotamadya lebih baik, secara pelayanan juga lebih dekat daripada harus ke Cibinong,” ujar Mang Iding kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

Selain itu, menjadi bagian dari Kota Bogor akan lebih siap dan cepat ketimbang DOB. Tidak hanya itu, secara regulasi Pemerintah Kota sudah ada. “Saya sih lebih setuju bergabung dengan kota demi kesejahteraan masyarakat selatan Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Namun begitu, Sekjen PMBS Azet Basuni, tetap menginginkan bagian selatan Kabupaten Bogor memisahkan diri dari kabupaten induk. Namun tidak dipungkiri jika nantinya masuk ke Kota Bogor menjadi opsi kedua jika DOB mengalami jalan buntu.

“Secara pribadi saya menolak bergabung dengan kota Bogor, tapi kalau mayoritas masyarakat menginginkan bergabung dengan kotamadya ya mau ga mau harus ikut suara terbanyak, dan itupun kalau proses DOB buntu,” bebernya.

Rencana Pemkot Bogor mengambil beberapa wilayah Kabupaten Bogor seharusnya menjadi warning bagi Pemkab Bogor. Untuk itu Ia menilai, Pemkab Bogor harusnya bisa membangun wilayah baik dari segi infrastruktur, pusat pendidikan dan lain sebagainya.

Ia melihat Kabupaten Bogor bagian selatan merupakan penyumbang PAD yang cukup besar, akan tetapi dari sisi pembangunannya justru tertinggal dari wilayah lain.

“Pemkab harus berani membangun. Karena, wilayah yang mau diambil Pemkot Bogor itu wilayah strategis yang memiliki ragam potensi. Apalagi, Ciawi ini potensi pariwisatanya tidak pernah habis,“ tandasnya. [] Admin/Pkr

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *