Regional

Peringati Harkitnas, 54 Pendaki Jabar Kibarkan Merah Putih di Puncak Ciremai

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Sebanyak 54 pendaki gunung asal Provinsi Jawa Barat melakukan pendakian ke gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat. Pendakian dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei 2021.

Di atas puncak Ciremai, rencananya mereka bakal mengibarkan bendera Merah Putih, bendera Pemprov Jabar, dan bendera Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jabar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar Engkus Sutisna turut melepas keberangkatan 54 pendaki gunung yang berasal dari Asosiasi Olahraga Pendakian Gunung Indonesia (AOPGI) Provinsi Jabar.

Prosesi pelepasan dilakukan di Aula Dispora Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Bandung, Kamis (20/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Engkus menyampaikan tiga hal yang harus dikuasai oleh para pendaki gunung. Yaitu, knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan) dan attitude (perilaku).

Baca juga  Komisi IV DPRD Jabar Soroti Rusunasawa Solokan Jeruk yang Sepi Peminat

“Tanpa tiga hal itu, tidak mungkin seorang pendaki gunung bisa dikatakan pendaki sejati,” kata Engkus.

Knowledge, kata dia, adalah bagaimana seorang pendaki harus memahami informasi dan pengetahuan tentang pendakian gunung.

Kemudian, skill dapat diperoleh dengan latihan-latihan teknis sehingga dapat menghadapi segala macam rintangan dan halangan.

“Salah satu skill yang penting dalam pendakian yaitu survival,” sambungnya.

Dan terakhir, attitude, adalah kemampuan menjaga perilaku. Misalnya menjaga kelestarian alam, tidak buang sampah sembarangan, tidak mencorat-coret pepohonan atau bebatuan.

“Dan yang terpenting, sebagai orang beragama, agar selalu menjaga dan melakukan perintah agama dalam pendakian,” saran Engkus.

Sementara itu, menurut Ketua Umum AOPGI Jabar Ryan Abu Bakar, 54 pendaki gunung tersebut akan menempuh perjalanan hingga di puncak Ciremai setinggi 3.078 Mdpl. Rute yang ditempuh melalui jalur Majalengka.

Baca juga  DPRD Jabar: Program Kolecer Harus Menyentuh Hingga Masyarakat Desa

Selain memperingati Harkitnas, pendakian juga bertujuan mengedukasi masyarakat, melestarikan alam dan mengenalkan spot-spot wisata dan rekreasi di sepanjang jalur pendakian di gunung Ciremai. [] Imam

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top