Kab. Bogor

Pengamat Politik: Bogor Leaders Talks Kreatif dan Inovatif

Pengamat politik Bogor, yang juga Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Herry Setiawan

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Bogor Leaders Talks yang digagas Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Bogor bersama BEM se-Bogor Raya merupakan gagasan kreatif dan inovatif. Mahasiswa yang menjadi peserta Bogor Leaders Talks dapat memberikan sumbangsih, saran, gagasan, dan ide kreatif serta terobosan revolusioner bagi akselerasi pembangunan di tatar Tegar Beriman yang dipimpin oleh Bupati Ade Yasin dan Wabup Iwan Setiawan.

Hal ini dikemukakan pengamat politik Bogor, yang juga Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Herry Setiawan kepada BOGOR-KITA.com, Selasa (16/3/2021) malam.

“Kami di KPU yang bergulat dengan pendidikan pemilih termasuk ke kalangan milenial dan pemilih pemula memberi apresiasi positif atas giat Bogor Leaders Talks yang digagas inisiator yang kreatif dan inovatif,” kata Herry yang berlatar belakang profesi jurnalis.

Bogor Leaders Talks 2021 diprakarsai oleh Pemkab Bogor beserta organisasi BEM se-Bogor Raya, mahasiswa rantau bogor, organisasi intra kampus dan organisasi kepemudaan lainnya di Bogor. Kegiatan ini berbentuk lomba orasi pemuda Kabupaten Bogor direkam dalam bentuk video, mengusung tema “Pancakarsa dalam Ide dan Gagasan Kaum Muda”.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor Masih Tinggi, 52 Positif, 40 Sembuh, Meninggal 1

Pancakarsa adalah program kerja Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Pancakarsa terdiri dari lima karsa yakni, Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Membangun, Karsa Bogor Maju dan Karsa Bogor Berkeadaban.

Rektor IPB University Prof Arif Satria tampil sebagai salah seorang dewan juri yang akan menilai seluruh orasi yang dikirimkan kepada panitia.

Dewan juri lainnya adalah Direktur Eksekutif Nusantara Centre Prof. M. Yudhie Haryono Ph.D, Komite Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar/Gus Udin, serta Chief Executive Officer Aku Pintar Indonesia Lutvianto Pebri Handoko. Kompetisi sudah dimulai dan batas akhir pengumpulan video sampai pada 24 Maret 2021.

Baca juga  FORMI Gelar Lomba Senam Pancakarsa, Total Hadiah Rp100 Juta

Herry mengatakan, Bogor Leaders Talks para peserta dapat memberikan sumbangsih, saran, gagasan dan ide kreatif serta terobosan revolusioner bagi akselerasi pembangunan di tatar Tegar Beriman yang dipimpin oleh Bupati Ade Yasin dan Wabup Iwan Setiawan.

“Kaum milenial dan pemuda di bawah usia 30 tahun memang harus difasilitasi berbagai giat positif yang menyalurkan energi positif mereka. Ide kreatif dan aspirasi politik mereka kadang menelurkan gagasan brilian yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh individu yang telah berusia di atas 30 tahun. Kesibukan dan rutinitas aktivitas yang membuat ide kreatif tumpul dan mampet,” kata Herry.

Dekatakan, KPU Kabupaten Bogor juga turut serta melakukan pendidikan pemilih berkelanjutan sebagai bagian dari tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kerja sama KPU dengan 9 kampus di Kabupaten Bogor.

Baca juga  Camat Rumpin Bubarkan Jaipongan Resepsi Pernikahan

Harapannya, dari 9 kampus ini akan terbangun lembaga kajian demokrasi dan kepemiluan yang melibatkan pemikiran para dosen dan mahasiswa serta civitas akademik kampus. Hal ini meneguhkan KPU sebagai laboratorium pemilu dan demokrasi.

Bupati Bogor Ade Yasin mengudang seluruh pemuda Kabupaten Bogor ikut menunjukkan kemampuannya dalam “Bogor Leaders Talks 2021.”

“Hallo pemuda Kabupaten Bogor di mana pun berada, jika kamu ingin menyampaikan aspirasi dan turut serta dalam pembangunan Kabupaten Bogor. Ayo ikut serta BOGOR LEADERS TALKS 2021. Tuangkan ide kreatif dan gagasan konstruktif kamu untuk membangun Kabupaten Bogor,” ajak Ade Yasin. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top