Pemkot Bogor Siap Bentuk Satgas Saber Pungli

Pemkot Bogor Siap Bentuk Satgas Saber Pungli

BOGOR-KITA.com – Pemberantasan Pungutan Liar (Pungli) di Pemerintahan Kota Bogor bukan hanya sekadar menjadi komitmen semata. Satuan Petugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli siap dibentuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Dengan bekerjasama dengan jajaran Muspida lainnya, Pemkot Bogor akan menggandeng Polres Bogor Kota, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor, Pengadilan Negeri Bogor, Bagian Hukum Setda Kota Bogor dan lainnya. Para Satgas Saber Pungli ini nantinya akan menelusuri pungli yang kerap terjadi di OPD dan meresahkan masyarakat.
Kepala Inspektorat Aim Halim Hermana mengatakan, setelah diluncukannya Peraturan Presiden (Perpres) 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang penjabaran perpres, Inspektorat langsung bergerak ke lapangan. Pihaknya telah menyampaikan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya dan berkomunikasi dengan pihak Polres, Kejaksaan Negeri , Pengadilan Negeri dalam rencana ke depan pembentukan satgas saber pungli tingkat kota.
“Draft Keputusan Wali Kota tentang Satgas Saber Punglinya akan disampaikan ke Bagian Hukum dan Bagian Organisasi setelah ditanda tangani Wali Kota baru akan dikukuhkan,” ujar Aim saat ditemui langsung Rabu (22/11/2016) di kantornya.
Saat ini, lanjut Aim, Satgas Saber Pungli masih bergerak masing-masing di setiap Muspida seperti di Kejari, Polres dan Dandim, Danrem dengan tupoksinya masing-masing. Namun setelah Satgas Saber Pungli ini dikukuhkan Wali Kota akan disatukan. Penguatan Satgas Saber Pungli pun dilakukan dengan membuat struktur organisasi, merumuskan program kerja, memiliki sumber dana yang sifatnya halal serta ada pembekalan sikap, keterampilan dan wawasan bagi petugas karena tantangan dalam memberantas pungli cukup besar.
“Sekecil apapun pungutan yang diambil di luar aturan berlaku disebut pungli dan harus diberantas. Sudah ada beberapa temuan-temuan pungli yang dikeluhkan masyarakat nanti petugas akan langsung ke lapangan,” beber Aim
Aim menyebutkan, selain pengukuhan Satgas Saber Pungli di Desember akan ada pula pengukuhan zona integritas pungutan liar di wilayah atau OPD yang dijadikan percontohan dengan melihat kredibilitasnya serta pengukuhan Unit Pencegahan Gratifikasi (UPG).
“Keberhasilan dari pembentukan Satgas ini yakni tidak adanya lagi satgas saber karena tidak ada lagi pungli di Kota Bogor,” tutup Aim. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *