Pemkot Bogor Gelar Sosialisasi Peraturan Pertanahan

Pemkot Bogor Gelar Sosialisasi Peraturan Pertanahan

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 120 aparatur pemerintah lingkungan Pemerintah Kota Bogor mengikuti sosialisasi peraturan pertanahan, Kamis (4/08/2016). Sosialisasi bagi aparatur pemerintah yang diikuti oleh Lurah, Camat dan pimpinan SKPD se-Kota Bogor, digelar di Paseban Sri Baduga, Balaikota Bogor.
Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Pertanahan, turut dihadiri Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman dan Sekretaris Daerah Ade Sarip Hidayat. Sosialisasi yang digelar oleh Bagian Pemerintahan Setdakot Bogor dibuka secara resmi oleh Walikota Bogor Bima Arya.
Menurut Bima, salah satu tupoksi pemerintah daerah dalam rangka melayani kepentingan umum adalah pengadaan dan pembebasan lahan untuk kepentingan publik. Namun seringkali dalam pelaksanaanya ada berbagai hal yang kemudian menimbulkan berbagai potensi persoalan.
Bima menambahkan, sejatinya ketika proses pembebasan lahan ada dua hal yang harus dijadikan landasan. Pertama, landasan aturan sesuai dengan peruntukan tata ruang, seperti RTRW, RTDL dan DTR yang harus dijadikan landasan. Kedua, semua aturan yang terkait dengan prosedur pembebasan lahan. Dalam hal ini seringkali ada hal-hal yang kemudian mungkin belum sepenuhnya dipahami. Atau mungkin sebaliknya, sudah yakin, memahami dan melaksanakan hal itu tetapi ada celah-celah yang kemudian menimbulkan persoalan.
“Karena niat kita adalah melayani kepentingan publik, akselerasi pembangunan, mempercepat proses pembangunan infrastruktur di Kota Bogor. Oleh karena itu pada kesempatan ini kita ingin mendengarkan arahan dari Sekjen terkait dengan seluruh aturan yang perlu kita jadikan landasan untuk dipahami bersama terkait pengadaan tanah, pembebasan lahan dan sebagainya,” demikian Bima. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *