Kab. Bogor

Pemdes Parigi Mekar Bangun Jalan Poros Desa Lewat Program Samisade

BOGOR-KITA.com, CISEENG – Warga Desa Parigi Mekar sebagian besar berusaha di bidang ternak budi daya ikan hias. Di wilayah desa ini, juga terdapat Pasar Ciseeng yang merupakan pusat ekonomi warga sekitar termasuk pasar ikan.

Melihat potensi yang dimiliki sekaligus untuk membantu peningkatan akses bagi roda ekonomi warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Parigi Mekar merealisasikan program pembangunan infrastruktur jalan menuju Pasar Ciseeng dan ke lokasi sentra budi daya ikan hias.

“Saat ini kami sudah bangun jalan poros desa lintas dusun yang menghubungkan dua wilayah yaitu antara RW 1 dan RW 2. Dengan dana Samisade untuk membantu peningkatan ekonomi warga,” ungkap Ade Syaripudin, Kepala Desa Parigi Mekar, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga  Warga Desa Sukasari Dan Mekarsari Keluhkan Galian Tanah Yang Masih Saja Beroperasi, Aparat Berwenang Kemana? 

Sementara Andi Parto, Ketua TPK Program samisade Desa Parigi Mekar mengatakan, pelaksanaan pekerjaan dilakukan oleh pihak ketiga agar hasil pekerjaan lebih cepat dan tepat baik soal kualitas dan kuantitas dan waktu.

Sedangkan Yuni, Sekdes Parigi Mekar menjelaskan, kegiatan pembangunan infrastruktur jalan poros dusun memiliki panjang hampir 2 kilometer dengan tebal 2 centimeter dan lebar antara 2,5 hingga 3 meter sesuai badan jalan yang ada.

“Pembangunan jalan ini berasal dari dana samiaade tahap dua 60 persen. Dengan tujuan agar akses jalan bagi usaha dan ekonomi warga semakin lanca,” ujarnya.

Karmuad (50) seorang tokoh masyarakat Desa Parigi Mekar yang tinggal di RT 4 RW 1 mengaku sangat bersyukur dengan adanya pembangunan jalan penghubung antar wilayah dusun tersebut.

Baca juga  Samisade Ade Yasin Antarkan Desa Pondok Udik 8 Besar IDM Tertinggi di Indonesia 2021

“Jalan ini sangat penting untuk mobilitas kelancaran usaha warga yang mayoritas nya usaha ternak ikan dan pedagang. Selain itu, jalan ini juga sebagai jalan alternatif saat terjadi kemacetan di jalan utama Ciseeng,” tutupnya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top