Sopandi, Kepala Desa Ciaruteun, kecamatan Cibungbulang, kabupaten Bogor,

Pemdes Ciaruteun Siap Kembangkan Geopark

BOGOR-KITA.com – Pasca menghadiri Undangan Sosialisasi Tentang Perlindungan Benda Cagar Budaya yang digelar oleh pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten beberapa waktu lalu di Hotel Duta Berlian Dramaga,

Pemerintah Desa Ciaruteun di Kecamatan Cibungbulang menyatakan siap berperan serta mengembangkan potensi Situs Cagar Budaya yang ada di wilayah tersebut seperti Situs Prasasti dan Batu Tapak Kaki Purnawarman, Situs Batu Dakon,  Situs Batu Tapak kaki Gajah Airravata serta Situs Makam Pandu Darmayawarman atau dikenal Makamnya Si Kabayan menjadi Sarana Wisata sejarah dan religius untuk lebih diminati oleh kaum wisatawannya.

Hal ini dikemukakan Kepala Desa Ciaruteun Sopandi, usai menghadiri acara Sosialisasi Perlindungan Benda Cagar Budaya yang digelar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten Hotel Duta Berlian, Dramaga, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.

Bukan itu saja, ternyata Desa Ciaruteun juga menyimpan destinasi lainnya seperti area untuk wisata Arung Jeram Sungai Cianteun maupun lokasi untuk wisata olahraga Panjat Tebing lengkap dengan keindahan panorama alam Puncak Leuwi Kaca Gunung Kapur Cibodas Ciaruteun (Gunung Kapur Ciampea).

Sopandi mengatakan, sebenarnya program pemberdayaan pada pengembangan potensi wisata yang dimiliki desa seperti kawasan Situs Prasasti dan Batu Tapak Purnawarman maupun lainnya, sudah jauh jauh hari masuk program desa.

“Namun karena pada bulan Januari kemarin hingga April kami di desa lebih terfokus pada persiapan penyelenggaraan pemilihan umum, jadi konsep tersebut ditunda dulu. “Nah sekarang inilah waktu yang tepat untuk kami wacanakan lagi,” kata Sopandi. [] Admin/Pkr



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *