Pelatihan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa Kemang

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa Kemang

BOGOR-KITA.com –  Pemerintah Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan pelatihan kepada para pemuda Desa Kemang di Puncak Gunung Mas, Rabu 19 Desember 2018.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Kemang Entang Suana, Danramil Kecamatan Kemang Muhammad Sutrisno dan Kapolsek Kemang Ade Yusup Hidayah.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kemang , Entang Suana menekankan pentingnya jiwa kewirausahaan dalam diri pemuda. Untuk itu akan diadakan pelatihan di bidang kewirausahawan.

Ia juga menyebut  perlunya pengalaman  keorganisasian pemuda khususnya di  Desa Kemang. “ Saya bangga kepada karangtaruna Desa kemang dan karangtaruna yang telah berperan aktif serta memberikan kegiatan positif untuk lingkungan,” katanya.

Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta, para peserta mengaku  bisa menambah pengetahuan, wawasan serta bisa termotivasi dari penyampaian Kepala Desa Kemang.

Danramil Kecamatan Kemang menyampaikan pentingnya kedisiplinan di kalangan pemuda. Ia menyebut ada tiga macam bentuk kedisiplinan. Yaitu disiplin pribadi, disiplin lingkungan dan disiplin nasional.

Ia menjelaskan mengenai disiplin yaitu merupakan pembelajaran atau pelatihan dalam memanejemen diri, disiplin pribadi dari disiplin ini yang paling mempunyai di siplin dalam diri pribadi adalah ajaran islam karena dari ajaran islam ini sangat disiplin di dari segalanya dalam hidup contoh seperti dari awal manusia bangun tidur dan sampe tidur lagi aturan dalam islam itu sangat lengkap. Disiplin lingkungan,  dalam disiplin ini terutama dalam lingkungan masyarakat karena pemuda harus bisa berperan aktif di dalam lingkungan dalam sistem berkerja sama seperti gotong royong dan rasa kekeluargaan yang erat  itu perlu dibangun. Disiplin nasional, dalam disiplin ini  wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap  keanekaragaman suku ras dan agama serta bangsa yang luas dari Sabang sampai Merarauke dalam bentuk Bhinnika Tunggal Ika.

Kapolsek Kemang Ade Yusup Hidayah melakukan pengarahan terhadap pemuda mengenai pengguanaan media sosial. Ia berpesan supaya media sosial bisa digunakan untuk  penyebaran berita yang  bisa memberikan kebaikan dan jangan sampai memberikan berita penyampaian ujaran kebencian di media sosial yang bisa melanggar hukum dan menimbulkan permasalahan.

Ia juga menekankan pentingnya komunikasi antara masyarakan dengan pihak kepolisian untuk menjaga ketertiban. “Mari  menjalankan tali komunikasi dengan Kapolsek untuk bisa menginformasikan berita  dari lingkungan yang dapat bisa membantu penginformasian pelanggaran yang terjadi di lingkungan, seperti penyalahgunaan narkoba, karena dalam kasus di kapolsek kemang lebih banyak kasus narkoba terkhusus di kalangan usia muda,” jelasnya. [] Admin / ditulis dan dikirim  oleh Samsudin, Anggota Karangtaruna Desa Kemang

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *