Kab. Bogor

Musim Hujan, Waspada saat Wisata di Luar Ruangan

BOGOR-KITA.com, CISARUA – Kepala Stasiun Meteorologi Citeko Fatuhri Syabani mengimbau masyarakat yang  untuk waspada saat wisata di luar ruangan seperti camping, susur sungai dan hiking.

Menurutnya, saat ini sudah memasuki musim hujan. Tak jarang hujan turun dibarengi angin kencang dan petir. Untuk itu, hindari wisata di luar ruangan.

“Kalaupun masih ingin berwisata di luar agar waspada. Segera berlindung di tempat aman jika terdengar Guntur atau petir,” ujar Fatuhri saat dihubungi wartawan, Kamis (30/11/2023).

Selain itu, bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan untuk bisa mengatur suhu tubuh. Sebab, di hujan dan kabut dapat menurunkan suhu udara dengan cepat.

“Persiapkan pakaian yang dikenakan agar tidak kena serangan hipotermia,” ucapnya.

Baca juga  Santri di Cibinong Jadi Korban Kekerasan Seniornya

Lalu, lanjut dia, untuk para pengendara yang sedang ada di jalan agar menepi jika jarak pandang berkurang karena turun kabut.

“Saat berkendara bila hujan deras atau kabut sebaiknya menepi bila jarak pandang berkurang dan waspada ada limpasan air di jalan yangg dapat mengakibatkan terseretnya kendaraan terutama roda dua,” bebernya.

Selain itu, BMKG Citeko-Cisarua memprediksi dari prakiraan musim hujan yang diterbitkan oleh Staklim Jabar, puncak musim hujan di wilayah Bogor pada bulan  Desember dan Januari.

“Sehingga kejadian cuaca ekstrem akibat curah hujan tinggi diprakirakan masih akan terjadi pada bulan-bulan tersebut,” tandasnya. [] Danu

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top