Murid Sekolah Bogor Raya Mainkan Musik Tradisional Peringati Sumpah Pemuda

Peringatan Sumpah Pemuda di Sekolah Bogor Raya

BOGOR-KITA.com – Selasa (27/10/2015), siswa siswi SD Sekolah Bogor Raya tampil beda. Mereka mengenakan beragam pakaian daerah Indonesia. Mereka juga menampilkan beragam kebudayaan tradisional dan memainkan alat-alat musik tradisional.

Tidak kurang dari 200 siswa SD Bogor Raya antusias menyaksikan permainan alat musik tradisional gamelan yang mengiringi alunan lagu-lagu Sunda. Semua itu merupakan bagian dari acara pagelaran seni budaya tradisional Indonesia yang diselenggarakan Sekolah Bogor Raya (SBR) dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda.

Walikota Bogor, Bima Arya yang membuka secara resmi acara tersebut mengungkapkan rasa senang dengan acara tersebut. “Kebudayaan adalah cara yang mengajarkan bagaimana bersikap dan menjalin persaudaraan yang baik ditengah lingkungan masyarakat. Melalui kebudayaan kita belajar untuk menghargai orang lain dan dengan kebudayaan kita belajar tentang nilai-nilai dan sikap,” katanya.

Menurutnya, sudah menjadi keharusan warga negara Indonesia untuk menjaga kebudayaan dan merasa bangga terhadap kebudayaan nasional. “Karena kebudayaan adalah identitas kita,” lanjut Bima yang menilai kegiatan tersebut sebagai ajang para siswa mendapatkan banyak pelajaran. Terutama tentang  semangat yang mempersatukan semua perbedaan hingga menjadi satu kesatuan yang membawa bangsa indonesia menjadi negara yang besar, kuat dan berdaulat.

Senada dengan itu, Kepala Sekolah SD Bogor Raya,  Fransiska Susilawati, menekankan kepada para siswa untuk selalu menghargai dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam mempersatukan bangsa Indonesia.

Acara ini diisi dengan pagelaran musik tradisional gamelan, lagu-lagu tradisional dan lagu nasional oleh siswa SD Bogor Raya kelas 2 serta tarian tradisional, Jaipongan oleh Mischa, siswa SD Bogor Raya kelas 1. Turut mendampingi Walikota Bogor, Ketua Yayasan Danasha, Rolex Muliawan dan perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bogor. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *