Kab. Bogor

Menjadi Relawan di Bulan Ramadan Bikin Lelah?

Oleh: Hanif Nurdiansyah

(Relawan Dompet Dhuafa Sumsel)

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Ramadan adalah bulan yang suci dan sangat ditunggu oleh banyak orang terkhusus umat islam. Banyak orang yang berlomba-lomba dalam melakukan suatu kebaikan di bulan Ramadan ini. Beragam kebaikan yang sering kita temui di pinggir jalan seperti berbagi takjil, berkunjung ke panti asuhan dan salah satunya menjadi relawan.

Salah satu pegiat sosial yang haus akan belajar dari orang-orang hebat yang terus berusaha menebar kebaikan walaupun hanya sebatas satu buah kurma. Menjadi relawan itu tidak digaji, dan bener-bener lelah. Keuntungan menjadi relawan atau volunteer itu seperti apa ya? Mungkin ini banyak yang bertanya melihat lumayan banyak antusias kawan-kawan ikut berpatisipasi menjadi relawan dalam suatu kegiatan atau kondisi tertentu.

Baca juga  Akhir Tahun, Dompet Dhuafa Ajak Influencer Jadi Agen Kebaikan

Menjadi relawan itu selain kita lelah kita juga bisa :
1. Menambah wawasan perihal kerja dan ilmu kerelawanan di Indonesia bahkan dunia
2. Memiliki rutinitas yang produktif di tengah kekosongan jadwal kegiatan kita
3. Menambah relasi atau jaringan antar daerah, provinsi bahkan negara
4. Memberikan kebermanfaatan kepada banyak orang
5. Memahami makna dari suatu kehidupan sesungguhnya.
6. Dan masih banyak lagi yang kamu dapat Ketika menjadi relawan.

Manusia hidup sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain dan saling menolong satu sama lain. Dan itu ada dalam prinsip ketika kita menjadi relawan dalam suatu lembaga sosial atau lembaga amal zakat.

“Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa dia antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal” (QS. al-Hujurat ayat: 13)

Baca juga  Dompet Dhuafa Peroleh Izin Nadzir Wakaf Uang

Menjadi relawan di bulan Ramadan ini bukan kelelahan akan kita dapatkan, melainkan sebuah keberkahan karena kita sudah menjalankan perintah allah sesuai apa yang disebutkan di atas.

Dilihat dari surat tersebut, kenapa kita takut akan lelah menjadi relawan terkhusus di bulan ramdan ini.
Lelah itu kata yang wajar dalam kondisi fisik tubuh manusia. Namun, apakah lelah yang kita alami ini selama bulan ramadan kita peroleh dari lelah melakukan suatu kebaikan terkhusus menjadi relawan kegiatan Ramadan atau lelah beraktivitas yang tidak memiliki kebermanfaat bagi banyak orang.

“Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya.” (QS. Al-An’am ayat 160).

Menjadi relawan di bulan Ramadan kita akan banyak belajar dan memahami perihal pentingnya menjalin suatu hubungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Selain itu, kita juga akan mendapatkan apa yang tidak didapatkan selama di pendidikan formal yang kita lalui selama ini. Lelah itu wajar, karena sejatinya tubuh manusia ada batasnya dan perlunya waktu rehat untuk memulihkan kondisi tubuh sebelum melanjutkan aktivitas selanjutnya. Ingat “ 1 hari 1 kebaikan ”, tebar kebaikan setiap hari walau hanya kecil dimata kita. []

Baca juga  Dompet Dhuafa-BAZNAS Apresiasi Para Pendidik di Hari Guru Nasional 
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!