Kab. Bogor

Mahasiswa IPB University Latih Warga Malang Buat Pupuk Organik Cair (POC)

pupuk organik
Pupur organik

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Untuk mengatasi mahal dan susahnya memperoleh pupuk, mahasiswa IPB University yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Malang, Jawa Timur ajarkan petani membuat Pupuk Organik Cair (POC). Pelatihan pembuatan POC dan Pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) ini menghadirkan Dr Swastiko Priyambodo, Dosen IPB University dari Departemen Proteksi Tanaman.

“Setelah pelatihan ini, kami berharap petani bisa membuat pupuk organik dari bahan yang murah serta mudah didapat,” ujar Dr Swastiko.

Dalam kesempatan ini, Dr Swastiko menyampaikan tentang pentingnya pertanian organik. Menurutnya, pertanian organik dapat mengoptimalkan peran mikroorganisme sebagai makhluk hidup yang dapat meningkatkan kesehatan tanaman.

“Upaya yang dapat dilakukan berupa pembuatan POC atau MOL seperti yang disosialisasikan dalam pelatihan ini oleh mahasiswa KKN-T IPB University di Kabupaten Malang,” imbuhnya selaku Dosen Pembimbing Lapang.

Baca juga  Rektor IPB University Berikan Kuliah Umum Bagi Mahasiswa Baru Terkait Pertanian Inovatif

Dalam pertanian organik, tidak boleh sama sekali menggunakan bahan kimia baik berupa pupuk maupun pestisida. Penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebih justru akan mematikan mikroorganisme yang bermanfaat bagi tanaman.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Kecamatan Pagelaran, Malang, Sri Wahyuni, SP mengatakan bahwa kegiatan ini dapat mengingatkan kembali para petani agar mau menerapkan sistem pertanian organik. “Saya juga berharap agar para pemuda tani mau memproduksi pupuk organik setelah diadakannya pelatihan ini dan pupuk tersebut dapat dijual ke petani lain,” ujarnya dalam rilis IPB University, Selasa (27/7/2021).

Fuad, Ketua Karang Taruna Krajan menyampaikan bahwa pupuk organik ini biayanya murah dan menguntungkan. Selain itu, pupuk ini juga tidak memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan ke tanaman. Sedangkan jika menggunakan pupuk kimia pasti ada risikonya.

Baca juga  Pakar IPB University Ungkap Berbagai Upaya Transplantasi Terumbu Karang Sebagai Upaya Rehabilitasi

“Kami siap untuk memproduksi pupuk organik ini dengan pendampingan mahasiswa KKN-T IPB University,” katanya. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top