Kab. Bogor

Mahasiswa IPB KKN Tematik di Taman Bacaan Lentera Pustaka di Desa Sukaluyu

Sebanyak 10 mahasiswa IPB siap melakukan KKN temati tahun 2021 di TBM Lentera Pustaka Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

BOGOR-KITA.com, TAMANSARI – Sebanyak 10 mahasiswa IPB siap melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata)-tematik tahun 2021 di TBM Lentera Pustaka Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari Bogor, Kabupaten Bogor.

Selain untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat, KKN-Tematik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan 120 anak-anak pembaca aktif usia sekolah yang sudah terbiasa membaca seminggu 3 kali di TBM Lentera Pustaka Sukaluyu.

“Kami berharap KKN-T IPB tahun 2021 ini dapat membangun sikap empati mahasiswa, di samping dapat membantu pemecahan masalah yang ada di masyarakat. Mahasiswa harus memainkan peran lebih besar untuk masyarakat,” ujar Dr. Bambang Hendro Trisasongko selaku Dosen Pembimbing Lapangan saat lokakarya KKN-T IPB melalui zoom, Rabu (20/1/2021).

Baca juga  Pesan Rektor IPB kepada 801 Wisudawan: Teruslah Menjadi Agile Learner

Dalam KKN tematik ini, mahasiswa IPB, selain membangun empati atas realitas yang diihadapi masyarakat desa, juga melakukan aktivitas di tengah masyarakat, yang menyangkut 5 program nyata yaitu:

1.Sosialisasi pencegahan dan penanganan covid-19, pembuatan hand sanitizer dan distribusi masker.

2.Pembuatan pupuk organik cair (POC)

3.Pekarangan Pangan Lestari (P2L)

4.Penyusunan database buku di TBM Lentera Pustaka dan pemberian dnasi buku

5.Promosi potensi desa dan sumberdaya melalui media sosial

“TBM Lentera Pustaka sangat mendukung aktivitas KKN-T IPB. Ini sebuah langkah bagus untuk mahasiswa dalam menunjukkan kiprah nyata di masyarakat, sekaligus dapat memberi rekomendasi untuk pengembangan Desa Sukaluyu. Sebagai mitra KKN, TBM Lentera Pustaka siap membantu mahasiswa untuk optimalkan peran taman bacaan di Kaki Gunung Salak,” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Porgram TBM Lentera Pustaka.

Baca juga  Yayasan Visi Nusantara Maju Luncurkan Vinuscare

Kegiatan KKN-T IPB tahun 2021 ini akan berlangsung dari 20 Januari – 28 Februari 2021. [] Hari

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top