Mahasiswa berharap aplikasi pendidikan keluarga berkarakter tersebut dapat menjadi alternatif solusi dalam membantu mengatasi permasalahan keluarga.

Mahasiswa IPB Bikin Aplikasi Pendidikan Keluarga Berkarakter

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Digitalisasi informasi memungkinkan terjadinya perubahan dalam bersosialisasi dalam sebuah keluarga. Keluarga sebagai institusi pendidikan pertama dan utama di lingkungan masyarakat diharapkan mampu memberikan bekal dalam mempersiapkan generasi milenial.

Dalam keluarga, seorang anak dididik supaya mampu mengikuti perubahan dan perkembangan yang ada sebagai bekal menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

“Oleh karenanya, keberhasilan generasi mendatang sangat dipengaruhi oleh pola asuh di lingkungan keluarga,” tulis siaran pers yang diterima BOGOR-KITA.com, Selasa (12/11/2019).

Hal ini mendorong tiga mahasiswa IPB University yaitu Holidin, mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura; Siti Hartati dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen; dan Lukman Fathurahman dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan merancang sebuah Program Pendidikan Keluarga Berkarakter (PENDEKAR).

Program PENDEKAR berusaha menggabungkan tiga pendekatan kepada masyarakat sesuai dengan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Tiga pendekatan yang kami rancang tersebut adalah program pendidikan keluarga berkarakter berbentuk fisik, aplikasi dan berbasis web. Nanti yang berbentuk fisik berupa kantor yang dapat disatukan dengan tempat dinas BKKBN daerah setempat,” papar Siti Hartati.

Mahasiswa IPB University itu juga menjelaskan, program pendidikan berkarakter yang berbasis aplikasi dapat diunduh melalui playstore, sedangkan yang berbasis web dapat diakses secara langsung menggunakan jaringan internet.

Pada aplikasi mobile dan web terdapat beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Fitur-fitur tersebut adalah Pendekar Inovatif yang memuat tips memasak dan merawat anak, berita dan informasi, perpustakaan, ruang konseling, hiburan yang terdiri dari berbagai permainan edukatif, serta parenting yang berisi pengetahuan tentang merawat anak.

Siti menjelaskan, fitur berita dan informasi menyajikan berita-berita seputar keluarga yang dapat menjadi pembelajaran. Sedangkan perpustakaan merupakan fitur yang menyediakan e-book tentang keluarga. Pada fitur ruang konseling, pengguna dapat berkonsultasi kepada konselor tentang permasalahan yang dihadapi.

Dengan inovasi yang dirancangnya, tiga mahasiswa IPB University tersebut berhasil menyabet juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah pada acara Family and Consumer Science National Competition and Symposium 2019 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University akhir bulan lalu.

Melalui program PENDEKAR, diharapkan dapat menjadi alternatif solusi dalam membantu mengatasi permasalahan keluarga yang tersedia dalam berbagai bentuk layanan baik melalui tatap muka secara langsung maupun yang menggunakan teknologi melalui aplikasi dan laman web yang terintegrasi menjadi suatu sistem.

Diharapkan juga program PENDEKAR dapat menjadi program nasional yang dapat mewujudkan keluarga Indonesia yang berkarakter. [] Admin

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *