Kota Bogor

Lurah Sindangsari Tata Sungai Cibalok Jadi Tempat Wisata Edukasi

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Lurah Sindangsari Asep Faisal Rahman mulai menata Sungai Cibalok menjadi tempat wisata edukasi, sehingga nantinya akan bermanfaat dan memilik nilai ekonomi bagi masyarakat.

Lokasi penataan terletak di sepanjang Sungai Cibalok yang mengalir dari RW 02, 03 sampai RW 06 sekitar 1,5 kilo meter.

“Di sepanjang Sungai Cibalok itu, nantinya akan dipilih spot-spot yang berpotensi untuk pengembangan ekononmi wisatanya baik itu dari sisi budidaya ikan dan juga wisata memancing,” kata Asep, Sabtu (19/9/2020).

Tujuan utama penataan Sungai Cibalok ini adalah mengubah mindset agar warga tidak membuang sampah ke sungai yang mengakibatkan kontur lingkungan berubah.

“Sebelum ke hilir, kita akan bereskan di hulunya, supaya warga tidak membuang sampah lagi ke sungai, kita akan buat hydroponik  yang dikelola oleh kelompok tani. Kita juga akan bentuk kelompok tani sebanyak 30 orang dari RW 02, 03 dan 06 yang dilewati Sungai Cibalok,” jelasnya.

Mantan Lurah Bubulak ini mengungkapkan, pihaknya juga akan memberdayakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) untuk pengolahan hasil sayuran dan budidaya ikan yang nantinya akan menyuplai ke pedagang-pedagang kuliner di wilayah Kelurahan Sindangsari.

Selain itu, tambah Asep, pihaknya juga akan membentuk kelompok tani yang diberi nama Kelompok Tani Sindangsari Berseri untuk memberdayakan hasil tani warga.

Baca juga  Anies-Bima Tinjau Pelaksanaan Bus Gratis di Stasiun Bogor

“Kelompok tani tersebut akan beranggotakan sebanyak 30 orang.  Yang penting mereka bisa efektif dan produktif,  jika bisa berkembang ke sektor lain nantinya akan dikembangkan lagi, untuk sekarang kita bentuk embrionya dulu,” tutup Asep. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 1

Terpopuler

To Top