Olahraga

Liga 1 2024/2025 Dimulai 9 Agustus, Klub Boleh Gunakan 8 Pemain Asing

Erick Thohir/IST

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengumumkan secara resmi kick-off Liga 1 Indonesia 2024/2025 akan dimulai pada Jumat, 9 Agustus 2024 dengan mempertandingkan juara bertahan Persib Bandung melawan juara Liga 2 PSBS Biak.

Persib yang dilatih Bojan Hodak, merupakan juara Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 setelah mengalahkan Madura United di final. Sedangkan PSB Biak juara Liga 2 Indonesia 2023/2024 usai menang atas Semen Padang pada partai final.

Ferry Paulus sebagai Direktur Utama PT LIB mengungkapkan, pihaknya telah menggelar rapat dengan PSSI untuk meyesuaikan jadwal pertandingan Liga 1 Indonesia dengan pertandingan yang dimainkan Timnas Indonesia.

“Kami diminta menjelaskan beberapa program ke depan. Sinkronisasi antara jadwal Liga 1 dengan Timnas Indonesia. PSSI menginstruksikan ke PSSI untuk melakukan sinkronisasi jadwal sampai musim 2026/2027,” jelas Ferry Paulus di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Baca juga  Liga Inggris: Kevin de Bruyne Hancurkan Arsenal, Man-City Kembali Ke Jalur Juara

“Diputuskan kick-off Liga 1 2024/2025 akan digelar di Bandung antara Persib melawan PSBS pada 9 Agustus 2024,” tutur Ferry Paulus.

Sebelumnya PT LIB pada akhir mei 2024 telah mengumumkan, kick-off musim baru Liga 1 Indonesia akan dilakukan pada 2 Agustus 2024. Namun rupanya harus diundur sepekan untuk menyesuaikan dengan jadwal pertandingan Timnas Indonesia.

“Dari jadwal yang disusun dan beberapa kali sudah berinteraksi dan meminta petunjuk PSSI, sudah difinalisasi bahwa jadwal Liga 1 ke depan sinkron dengan agenda Timnas Indonesia,” kata Ferry Paulus.

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir menambahkan, setelah pertemuan beberapa kali maka sudah diputuskan jadwal pertandingan Liga 1 Indonesia yang disesuaikan dengan penampilan Timnas Indonesia.

Baca juga  Pemain Persikabo 1973 Diharapkan Cetak Gol Lawan Palestina

“Setelah diskusi panjang dan meeting berkali-kali, PT LIB dan PSSI untuk memastikan kalender selama tiga tahun ke depan sudah tidak ada perubahan lagi,” kata Erick Thohir.

“Ada slot kompetisi yang dihormati dan juga slot Timnas Indonesia. Kami akan atur. Misalnya ketika Timnas Indonesia bermain di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia,” tambah Erick Thohir.

Untuk menambah tingkat kompetisi antarklub, PSSI dan PT LIB sudah sepakat bahwa setiap klub diperbolehkan memiliki 8 pemain asing. “Ini untuk meningkatkan tingkat kompetisi antarklub di Indonesia, terutama klub profesional,” jelas Erick. [] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top