Kota Bogor

Hajar Filipina Dua Gol, Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos Ke Putaran Ketiga Pra Piala Dunia 2026

Nathan dan Rizky Ridho/ IG Timnas

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah baru, lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dari Grup F Asia, setelah menghajar Filipina 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Grup F Asia mendampingi Irak (15 poin) dengan 10 poin dan berhak mendapatkan tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Sedangkan Vietnam yang berada di peringkat ketiga, jika menang melawan Irak, Rabu (12/6/2024), tidak memengaruhi posisi Indonesia.

“Saya puas, para pemain tidak menganggap remeh lawan. Pemain tampil tenang, waspada dan penuh semangat pada babak kedua,” ungkap Shin Tae-yong (STY) pelatih Timnas Indonesia usai pertandingan.

Baca juga  Prediksi Indonesia U-23 vs Irak U-23: Manfaatkan Bola Mati Secara Maksimal

Gol pertama kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit 33 lewat tendangan jarak jauh yang terarah ke sudut kiri atas tiang gawang Filipina. Bagi Thom ini adalah gol pertamanya di Timnas Indonesia.

Gol kedua datang dari sebuah tendangan bebas yang dilakukan Nathan Tjoe A On pada menit 55. Bola melambung disundul tipis oleh bek Rizky Ridho dan tak bisa dihalau kiper Filipina, Kevin Mendoza.

Setelah unggul 2-0, STY tak memaksa pemain untuk terus menekan kawan. Namun justru beberapa kali peluang datang, sayang tidak terjadi gol.

“Saya senang, pemain, pelatih, anggota tim dan penonton juga senang. Kita harus terus meningkatkan level permainan dan prestasi sepak bola kita,” ungkap Erick Thohir, Ketua Umum PSSI usai pertandingan.

Baca juga  Dua Pemain Tira Persikabo Dipanggil Pelatih Timnas TC Seagames

Susunan pemain:
Indonesia: Ernando Ari, Jay Idzes, Calvin Verdonk (Arhan Pratama 67′), Rizky Ridho, Nathan Tjoe-A-On (Ivar Jenner 63′), Justin Hubner, Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Rafael Struick (Yakob Sayuri 63′). Pelatih: Shin Tae-yong

Filipina: Kevin Mendoza, Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Dylan Demunck, Michael Baldisimo, Kevin Ingreso, Patrick Reichelt, Alex Monis, Zico Bailey. Pelatih: Tom Saintfiet

[] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top