Pramuka Penegak, Pandega hingga Pembina dari Andalan Kwaran se-Kota Bogor latihan keprotokolan di Aula Sekretariat Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Jalan Papandayan, Kota Bogor, Minggu (3/2/2019).

Kwarcab Pramuka Kota Bogor Gelar Pelatihan Keprotokolan

BOGOR-KITA.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor terus berperan dalam meningkatkan kualitas anggotanya. Berbagai kegiatan terus diselenggarakan demi pengembangan karakter anggota pramuka. Salah satunya, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Satgiat Protokol Kwarcab Kota Bogor bagi para anggota pramuka Penegak, Pandega hingga Pembina dari Andalan Kwaran se-Kota Bogor di Aula Sekretariat Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Jalan Papandayan, Kota Bogor, Minggu (3/2/2019).

“Jumlah peserta ada sebanyak 45 orang. 36 orang merupakan perwakilan dari masing-masing Kwaran di enam kecamatan dan sisanya dari satgiat keprotokolan Kwarcab Pramuka Kota Bogor,” ujar

Ketua Panitia acara, Elka Kastolani Elka mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari penuh dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Materi yang diberikan merupakan pengetahuan tentang dasar keprotokolan. Seperti prosedur tetap (protap) kegiatan nasional dan internasional, tata upacara, tata tempat dan tata penghormatan, kehumasan dan protokol Pemkot Bogor, serta proses perizinan kegiatan dan pengamanan tamu VIP/VVIP.

Para narasumber yang dihadirkan pun merupakan orang-orang yang berkompeten di bidang keprotokolan. Sebut saja Ketua Satgiat Protokol Kwarda Jawa Barat, Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kota Bogor dan Polresta Bogor Kota.

“Pelatihan ini kami adakan karena di Kwarcab Pramuka Kota Bogor memiliki intensitas kegiatan yang sangat padat. Sehingga kami memandang diperlukan pelatihan dan pengetahuan seputar keprotokolan,” jelasnya.

Menurut Elka, dengan adanya pelatihan keprotokolan maka akan ada penguatan dan penyeragaman standarisasi ilmu keprotokolan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan kepramukaan di Kota Bogor. Mulai dari tingkat cabang, ranting hingga gugus depan.

Dirinya sangat berharap, materi-materi yang disampaikan narasumber bisa terserap dan dapat dilaksanakan di semua tingkat. “Nanti kami juga akan senantiasa berkoordinasi dengan Tim Protokoler Polresta Bogor Kota dan Humas dan Protokol Kota Bogor dalam setiap kegiatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, peserta pelatihan Satgiat Protokol ini harus tetap mengembangkan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan di wilayah masing-masing, baik di Gugus Depan maupun Kwartir Ranting. Sehingga kelak peserta dapat diberdayakan untuk berpartisipasi aktif mendukung kemajuan Gerakan Pramuka Kota Bogor.

“Karena kami punya mimpi menjadi pramuka tergiat kesatu di Jawa Barat pada 2020,” pungkasnya. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *