Regional

Kota Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 4,1 Magnitudo

BOGOR-KITA.com, SUKABUMI – Hari Selasa, 28 Mei 2024 pukul 16:20:22 WIB, wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1. Episenter terletak pada koordinat 7.67 LS dan 106.89 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 KM Barat Daya Kota Sukabumi, di kedalaman 24 KM.

Dalam keterangan resmi yang diterima redaksi media ini, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto ST MM mengungkapkan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter nya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga akibat aktivitas Sesar Cipamingkis.

“Dampak gempa bumi ini yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di wilayah Cipamingkis, Bungbulang dan Cikelet dengan skala Intensitas II – III MMI,” ujar Hartanto, Selasa (28/5/2024).

Baca juga  Anggota DPRD Jabar Apresiasi Bareskrim Bongkar Kawin Kontrak

Kejadian gempa bumi tersebut juga dikonfirmasi Kepala Stasiun Geofisika kelas III Sukabumi, Agung Sabtaji. Dijelaskan, pasca gempa tersebut hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Hingga pukul 16:40 WIB, pasca gempa, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” ungkapnya.

Rekomendasi BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu dan infornasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top