Kota Bogor

Kota Bogor Dilanda Gempa 2,8 Magnitudo

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi kejadian gempa bumi tektonik yaitu di wilayah Kota Bogor dan sekitarnya pada, Kamis, 30 Mei 2024 pukul 01:22:17 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut berkekuatan 2,8 Magnitudo. Episenter terletak di koordinat 6.72 LS dan 106.61 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 24 KM Barat Daya Kota Bogor, di kedalaman 2 kilometer.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat,” jelas Hartanto ST, MM, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Kamis (30/5/2024).

Hartanto melanjutkan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI.

Baca juga  Amankan Ujicoba SSA, Polresta Bogor Terjunkan 100 Personel

Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai akibat dampak gempa bumi tersebut. Sampai jam 01:55 WIB, hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutupnya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top